Risma Dengar Keluh Kesah Perajin Tempe di Ngawi, Dorong Diversifikasi Produk!

Senin 14-10-2024,15:46 WIB
Reporter : Salman Muhiddin
Editor : Salman Muhiddin

NGAWI, HARIAN DISWAY - Calon Gubernur Jawa Timur, Tri Rismaharini, atau yang akrab disapa Bu Risma, mengadakan silaturahmi dengan seratusan perajin tempe di Desa Karang Tengah Prandon, Kabupaten Ngawi, Senin, 14 Oktober 2024. Kunjungan ini bertujuan untuk mendengarkan langsung keluh kesah para perajin tempe mengenai perkembangan usaha mereka.

Setibanya di lokasi, Risma disambut meriah oleh perajin tempe dengan yel-yel penuh semangat, mencerminkan harapan mereka agar Risma dapat terpilih sebagai Gubernur Jatim pada Pilkada Serentak yang akan berlangsung pada 27 November 2024.

Di tengah suasana akrab, Risma duduk lesehan bersama para perajin, mendengarkan keluhan dan harapan mereka.

Banyak perajin yang menyampaikan harapan agar mantan Menteri Sosial tersebut dapat membantu pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah tersebut.

Salah satu isu yang diangkat adalah masalah bahan baku tempe, khususnya kedelai, serta tantangan dalam pemasaran produk. Risma menanggapi dengan serius, menyampaikan keinginannya agar usaha para perajin bisa "naik kelas" melalui inovasi dan pengembangan produk.

BACA JUGA:Dukung Risma di Pilgub Jatim, Eri: Pilih Emak’e Arek-arek Suroboyo

BACA JUGA:Relawan Sejati Blitar Siap Menangkan Risma-Gus Hans dan Rijanto-Beky

“Modal bukan satu-satunya. Yang penting adalah semangatnya dan tahu cara memasarkan produknya,” kata Risma, menekankan pentingnya strategi pemasaran bagi para pelaku UMKM.

Desa Karang Tengah Prandon dikenal sebagai sentra industri tempe di Ngawi, di mana mayoritas masyarakat setempat terlibat dalam produksi tempe dan produk turunannya, seperti kripik tempe.

Untuk meningkatkan daya saing, Risma mendorong diversifikasi produk agar perajin tidak terjebak dalam persaingan yang ketat.

“Kalau usahanya sama semua, sementara pembeli tidak dibesarkan, itu susah untuk bersaing. Maka tadi saya sampaikan ke Pak Ony, agar dibuat diversifikasi produk. Misalnya kering tempe, sambel tempe, yang bisa dipacking. Sehingga akan ada market yang berbeda,” tambah Risma.

Salah satu perajin, Endita, yang memproduksi kripik tempe, menyampaikan harapannya bahwa Risma dapat membantu pengembangan UMKM setelah terpilih menjadi Gubernur. Ia merasa lega karena keluhan mereka dijawab langsung oleh Risma.

BACA JUGA:Risma Janjikan Instalasi Air Bersih untuk Warga Margoanyar Lamongan

BACA JUGA:Luluk Soroti Ketimpangan, Khofifah Konsolidasi Dukungan, Risma Pede Hadapi Debat

“Keluhan kami sudah terjawab oleh Risma. Salah satunya terkait Risma yang akan membantu pemasaran produk UMKM kami,” ungkap Endita.

Kategori :