Jelang Pelantikan Prabowo-Gibran: MPR Gelar Gladi Dua Hari, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Rabu 16-10-2024,11:09 WIB
Reporter : Desi Nur Rachma*)
Editor : Gunawan Sutanto

HARIAN DISWAY - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menyiapkan gladi pelantikan presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka selama dua hari.

Dilansir dari Disway.id, gladi bersih dan gladi kotor pelantikan Prabowo-Gibran akan dilaksanakan 18-19 Oktober 2024. Sementara, pelantikan Presiden dan Wakil Presiden sendiri dilangsungkan Minggu, 20 Oktober 2024.

"Gladi Kotor mulai Jumat, gladi bersihnya Sabtu," ujar Ketua MPR RI Ahmad Muzani di komplek parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 15 oktober 2024.

Muzani juga mengatakan, pihaknya terus mematangkan persiapan jelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih. 

"Ya, minggu ini akan dilakukan persiapan dekorasi. Mudah mudahan gladi kotor mulai jumat dan gladi bersihnya mulai Sabtu," tutur Muzani.

Hanya saja, pihaknya belum tahu apakah saat acara gladi tersebut presiden dan wakil presiden terpilih akan datang atau akan diwakilkan.

"Saya enggak tahu siapa yang nanti akan mewakili Pak Prabowo dan siapa yang akan mewakili Mas Gibran?” tandasnya.

BACA JUGA: Kabinet Gemoy Berisi 107 Orang, Prabowo-Gibran Beri Pembekalan Hari Ini

Muzani juga menyampaikan saat ini pihaknya tengah melakukan validasi undangan untuk para tamu baik dalam negeri hingga luar negeri.

Beberapa negara tetangga yang diundang dalam pelantikan presiden Indonesia juga telah memberikan konfirmasi kehadiran.

"Sekarang lagi divalidasi undangan dari VVIP, dari jumlah kepala negara, kepala pemerintah. Jumlahnya terus bertambah termasuk dari kementerian luar negeri," jelasnya. Kata Muzani, cukup banyak tamu dari semua negara ASEAN.

Muzani juga menyebut keamanan jelang pelantikan Presiden RI juga sudah disiapkan. Dia mengatakan Indonesia dalam situasi yang kondusif di masa sekarang.

"Kemarin, dua hari yang lalu, Bapak Presiden sudah mengecek persiapan dengan pihak keamanan dan posisi pihak keamanan dalam kondisi siap, siaga dan kondisinya bagus," ujarnya.

BACA JUGA:Prabowo Beri Pembekalan untuk 59 Calon Menteri, Ini yang Dibahas!

Sementara itu, pihak kepolisian telah menyiapkan rekayasa lalu lintas. Arus lalu lintas di Jalan Juanda menuju Jalan Veteran III Jakarta Pusat dialihkan pagi ini, Rabu, 16 Oktober 2024.

Kategori :