Timnas Indonesia Dibekuk Tiongkok 2-1, Shin Tae-yong Mengaku Salah

Rabu 16-10-2024,15:07 WIB
Reporter : Agustinus Fransisco
Editor : Salman Muhiddin

“Saya tidak pernah menyangka Timnas Tiongkok akan bermain dengan cara yang sangat klasik, dengan mengandalkan bola-bola panjang dan kick and rush,” ujar Shin Tae-yong tentang gaya main Timnas Tiongkok.

Hal itu menunjukkan bahwa ia merasa terkejut dengan strategi yang digunakan oleh lawan. Ia juga menyampaikan penyesalannya karena tidak mempersiapkan tim untuk menghadapi taktik tersebut.

Satu hal yang juga menjadi catatan penting adalah gol pertama yang dicetak oleh Tiongkok, yang menurut Shin, terjadi akibat kesalahan di lini pertahanan. “Itu sedikit disayangkan,” tambahnya.

Kesalahan di pertahanan itu menjadi salah satu alasan utama mengapa Timnas Indonesia tidak bisa meraih kemenangan dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. 

BACA JUGA:China vs Indonesia 2-1, Begini Update Peringkat FIFA Pasukan Garuda

Janji Shin Tae-yong Timnas Indonesia Lakukan Evaluasi


Rangking FIFA Timnas Indonesia Melorot, Arab Saudi vs Bahrain Imbang Untungkan Skuad Garuda-timnasindonesia/Instagram-

Meski harus menerima kekalahan, Shin Tae-yong tetap memberikan apresiasi terhadap permainan Timnas Tiongkok yang dinilai telah tampil sangat baik.

“Saya menghargai permainan mereka. Di lain waktu, kami akan mempersiapkan tim dengan lebih baik,” ujarnya.

Kekalahan itu pun membuat posisi Indonesia di klasemen sementara Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia sama dengan Tiongkok.

Meskipun demikian, ranking kedua negara tidak berubah. Timnas Indonesia tetap di peringkat kelima, sementara Tiongkok berada di peringkat keenam. Garuda unggul selisih gol. 

Kekalahan itu menjadi pelajaran bagi Timnas Indonesia untuk bangkit di laga-laga selanjutnya. Shin Tae-yong dituntut untuk memperbaiki performa anak asuhnya. (*)

Kategori :