Siap Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran, Wakil PM Rusia dan Wapres Laos Mendarat di Jakarta Hari Ini

Sabtu 19-10-2024,12:54 WIB
Reporter : Rida Khumaida Nabila*)
Editor : Taufiqur Rahman

HARIAN DISWAY – Beberapa tamu negara yang akan menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden tepilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka telah sampai di Jakarta hari ini, Sabtu, 19 Oktober 2024.

Wakil Perdana Menteri Rusia Denis Manturov tampak mengawali dengan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng pada pukul 07.00 WIB. Kedatangan Wakil PM Rusia disambut oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga.

Disusul Wakil Presiden Laos Pany Yathotou yang tiba di Jakarta pada siang ini sekitar pukul 11.30 WIB. Kedatangan wakil presiden tersebut disambut oleh Menparekraf Sandiaga Uno. 

BACA JUGA:23 Kepala Negara dan Utusan Khusus Negara Hadir dalam Pelantikan Presiden, Dari Mana Saja?

BACA JUGA:27 Rangkaian Kereta Jurusan Jakarta Akan Berhenti di Jatinegara Saat Pelantikan Presiden 20 Oktober Mendatang


Wakil Presiden Laos Pany Yathotou disambut oleh Sandiaga Uno. --Youtube Sekretariat Presiden

Sama seperti penyambutan sebelumnya, sesampainya di bandara tamu negara akan langsung disambut dengan prosesi kenegaraan.

Penyambutan dilakukan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya diiringi orkestra.

Sebelumnya, Mantan Presiden Jerman Christian Wulff yang tiba di Indonesia pada Jumat, 18 Oktober 2024. Christian Wulff tiba melewati Landasan Udara Halim Perdanakusuma. Kedatangannya disambut oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono.

Diketahui, Kementerian Luar Negeri RI menginformasikan bahwa tamu negara yang diundang ada 35 negara, 20 diantara tingkat kepala negara atau kepala pemerintahan atau wakilnya menghadiri pelantikan Prabowo-Gibran.

Sebanyak 18 tamu undangan pada tingkat menteri atau pejabat tinggi lainnya yang telah ditunjuk untuk menjadi utusan khusus dari negaranya. 

BACA JUGA:Jelang Pelantikan Prabowo-Gibran: MPR Gelar Gladi Dua Hari, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

"Selain itu masih terdapat kemungkinan penambahan tamu undangan yang saat ini masih ditunggu konfirmasinya," kata Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Roy Soemirat, Jumat, 18 Oktober 2024. 

Daftar undangan tersebut disusun bersama seluruh lembaga terkait dari Pemerintahan Presiden RI Joko Widodo dan berkoordinasi dengan tim Presiden terpilih Prabowo. 

Hingga hari ini, beberapa tamu negara sudah tiba di Indonesia lewat bandara Soekarno Hatta dan Lanud Halim Perdanakusuma.

Kategori :