Tren F&B Series 2025 (1): Inovasi dan Adaptasi Menghadapi Era Baru

Senin 28-10-2024,12:54 WIB
Oleh: Irra Chrisyanti Dewi*

MEMASUKI tahun 2025, industri food and beverages (F&B) terus berkembang pesat dengan dinamika yang makin kompleks, didorong oleh perubahan perilaku konsumen, tuntutan keberlanjutan, serta inovasi teknologi.

Transformasi digital, perubahan perilaku konsumen, dan tuntutan terhadap keberlanjutan mengharuskan pelaku bisnis F&B untuk mengadopsi strategi baru yang adaptif dan inovatif. 

Di Indonesia, sektor F&B mengalami pergeseran yang dipercepat oleh digitalisasi dan kesadaran konsumen akan kesehatan dan keberlanjutan. 

BACA JUGA: IHGMA DPD Jatim Gelar Seminar F&B Marketing Transformation: Mencetak Pemimpin dan Pengusaha Profesional di Bidang F&B

Artikel ini akan mengulas tren utama yang akan membentuk lanskap bisnis F&B di tahun mendatang serta tantangan dan peluang yang muncul dalam proses adaptasi menuju era baru. 

INOVASI PRODUK BERBASIS KESEHATAN DAN KONSUMSI KEBERLANJUTAN

Pandemi Covid-19 telah meningkatkan kesadaran konsumen terhadap gaya hidup sehat. Tren itu pun terus berlanjut hingga saat ini. 

Dengan demikian, tren konsumsi berbasis kesehatan terbukti telah menunjukkan adanya peningkatan permintaan produk yang tidak hanya lezat, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan dan lingkungan. 

Konsumen makin mencari produk yang tidak hanya lezat, tetapi juga menyehatkan dan ramah lingkungan. 

BACA JUGA:Ramadan-Idulfitri Dorong Peak Season Industri F&B, Oseng Sambel Leren Timur Berani Buka Outlet Kedua

Berdasar riset Nielsen, 73 persen konsumen global menyatakan bahwa mereka bersedia membayar lebih untuk produk makanan dan minuman yang memiliki dampak positif terhadap kesehatan dan ramah lingkungan. 

Di Indonesia, minuman sehat seperti jus detoks, makanan organik, serta produk berbasis tanaman (plant-based) mulai mendominasi pasar.

Inovasi dalam produk berbasis tanaman (plant-based) dan makanan fungsional yang mengandung nutrisi khusus akan terus meningkat pada tahun 2025. 

Produk seperti daging nabati, susu berbasis tumbuhan, serta makanan yang diperkaya dengan vitamin dan mineral akan menjadi pilihan populer. Selain itu, isu keberlanjutan akan kian berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. 

BACA JUGA:Friendship Indonesian Cocktail Competition 2022 Apresiasi Bartender sebagai Pahlawan F&B

Kategori :