HARIAN DISWAY - Gaya hidup sehat yang semakin digemari masyarakat mendorong permintaan produk pangan alami, salah satunya gula aren. PT Tangkal Kawung Indojaya, UMKM produsen gula aren asal Serang, Banten, memanfaatkan peluang ini dengan menawarkan produk berkualitas melalui merek dagang Tangkal Kawung.
Director PT Tangkal Kawung Indojaya, Adhe Shafitri ST MT, menjelaskan bahwa perusahaannya telah memproduksi gula aren sejak 2018 dalam dua bentuk, bubuk dan cair. Varian cair kini tengah diperkenalkan karena memiliki cita rasa lebih manis dengan kadar gula lebih rendah dibandingkan versi bubuk.
"Gula aren bubuk memiliki kadar gula yang lebih tinggi, tetapi rasa manisnya lebih ringan. Sementara itu, gula aren cair menawarkan rasa manis yang lebih kuat dengan kadar gula yang lebih rendah," jelas Adhe pada 9 Januari 2025.
Tangkal Kawung menyediakan beragam pilihan kemasan, mulai dari 250 ml hingga 5 kg, untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dari konsumsi harian hingga pelaku bisnis seperti coffee shop, bakery, dan toko cookies.
BACA JUGA:BRI Perkuat Inklusi Keuangan di IPPA Fest 2025, Berdayakan Warga Binaan
BACA JUGA:Peringati Hardiknas, BRI Dukung Peningkatan Kualitas Pendidikan Lewat Program Ini Sekolahku
Selain pasar ritel, Tangkal Kawung juga fokus pada segmen B2B dan tengah mempersiapkan ekspansi ke pasar internasional, dengan Korea Selatan sebagai target utama.
Di pasar domestik, produk Tangkal Kawung telah memiliki pelanggan setia dari berbagai daerah dan tersedia secara offline maupun melalui e-commerce seperti Tokopedia, Blibli, dan Shopee. Omzet perusahaan saat ini berkisar antara Rp20 juta hingga Rp25 juta per bulan.
Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi mengungkapkan bahwa dukungan terhadap UMKM seperti Tangkal Kawung merupakan bagian dari strategi berkelanjutan BRI dalam mendorong UMKM Indonesia untuk terus bertumbuh dan menjadi pemain global.
"Kisah sukses dari Tangkal Kawung merupakan bentuk dukungan nyata BRI untuk mendorong pengusaha UMKM go global yang diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui ekspor produk lokal," ujar Hendy.
Partisipasi Tangkal Kawung dalam BRI UMKM EXPO(RT) 2025, yang berlangsung pada 30 Januari - 2 Februari 2025 di ICE BSD City, menjadi wujud komitmen BRI dalam mendorong UMKM binaan untuk go international.
Acara tersebut sukses dihadiri lebih dari 69 ribu pengunjung, mencatatkan transaksi lebih dari Rp40 miliar, dan realisasi kontrak ekspor mencapai USD 90,6 juta atau sekitar Rp 1,5 triliun. (*)