JAKARTA, HARIAN DISWAY – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) terus memperkuat komitmennya dalam meningkatkan inklusi keuangan nasional melalui ekspansi jaringan AgenBRILink.
Hingga Mei 2025, AgenBRILink telah menjangkau 67.013 desa di seluruh wilayah Indonesia, dengan jumlah agen mencapai 1,19 juta orang. Layanan keagenan ini berhasil membukukan sebanyak 443 juta transaksi sepanjang Januari hingga Mei tahun ini.
Sebagai bagian dari strategi hybrid bank yang menggabungkan digitalisasi dan kehadiran fisik, AgenBRILink menjadi ujung tombak peningkatan akses layanan keuangan bagi masyarakat di wilayah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal).
Dengan fitur layanan seperti tarik tunai, transfer, pembayaran tagihan, serta layanan mikrofinansial lainnya, AgenBRILink tidak hanya memberikan kemudahan akses keuangan, tetapi juga berkontribusi pada pendapatan non-bunga BRI sebesar Rp643 miliar selama periode tersebut.
BACA JUGA:BRI Salurkan Rp 69,8 Triliun KUR ke 8,3 Juta UMKM hingga Mei 2025
BACA JUGA:BRI Jadi Institusi Keuangan No.1 Indonesia di Fortune Southeast Asia 500 2025
Direktur Utama BRI, Hery Gunardi menyatakan bahwa peran AgenBRILink semakin strategis dalam mendukung perekonomian daerah.
“Kami terus memperkuat sistem digital dan infrastruktur layanan untuk meningkatkan efisiensi, keandalan, dan keamanan transaksi di tingkat agen,” ujarnya.
Selain itu, BRI juga berupaya memperkaya fitur layanan yang tersedia, sehingga para agen dapat memberikan solusi keuangan yang lebih lengkap kepada masyarakat.
Mulai dari layanan pembelian asuransi mikro, setoran pinjaman, hingga referral pembukaan rekening tabungan, semua bisa dilakukan melalui AgenBRILink.
BACA JUGA:BRI Siapkan Weekend Banking Selama Libur Tahun Baru Islam 2025
BACA JUGA:BRI Dukung Pemulihan dan Pertumbuhan Klaster Susu Mulya Abadi di Ponorogo
“Ke depan, kami optimis AgenBRILink akan terus menjadi penggerak ekonomi lokal sekaligus meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di seluruh Indonesia,” tambah Hery.
Melalui pendekatan segmentasi yang adaptif dan ekspansi layanan yang konsisten, BRI berkomitmen untuk menjadikan AgenBRILink sebagai salah satu tulang punggung transformasi keuangan digital yang inklusif dan berkelanjutan. (*)