BRI Magnet Investor Global: BlackRock, Vanguard, dan JPMorgan Perkuat Kepemilikan Saham

Selasa 15-07-2025,14:09 WIB
Reporter : Salman Muhiddin
Editor : Salman Muhiddin

Langkah strategis ini menjadi tonggak penting dalam perjalanan transformasi BRI untuk menjadi lebih adaptif, kolaboratif, serta berdampak luas bagi seluruh stakeholder.

“Peluncuran ini merupakan wujud komitmen kami untuk terus beradaptasi, memperbaiki proses, serta memperkuat struktur dan kapabilitas internal BRI. Transformasi ini bukan hanya soal sistem, tapi juga cara berpikir,” ujar Direktur Utama BRI, Hery Gunardi.

Infrastruktur Layanan Terluas dan Kinerja Finansial Solid

Dengan infrastruktur layanan yang sangat luas, BRI tetap menjadi tulang punggung inklusi keuangan di Tanah Air.

Memiliki lebih dari 36 ribu tenaga pemasar, 220 juta rekening simpanan, serta jaringan operasional mencakup lebih dari 6.000 unit kerja, BRI menjangkau wilayah pelosok Indonesia.

BACA JUGA:BRI Masuk Top 1.000 World Banks 2025, Tertinggi di Indonesia Versi The Banker

BACA JUGA:DPK BRI Tembus Rp 1.421 Triliun, Proporsi CASA Capai 65,77 Persen di Kuartal I 2025

Selain itu, BRI juga mengoperasikan:

  • Lebih dari 742 ribu unit e-channel
  • Lebih dari 10 ribu unit ATM
  • Lebih dari 9 ribu unit Cash Recycling Machine (CRM)
  • Didukung oleh jaringan AgenBRILink yang mencapai 1,19 juta agen, menjangkau lebih dari 67 ribu desa.

Kinerja finansial BRI Group pun tetap solid. Hingga kuartal I/2025, BRI berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp13,80 triliun, sementara aset tumbuh 5,49% year-on-year (YoY) menjadi Rp2.098,23 triliun.

Pertumbuhan tersebut didorong oleh penyaluran kredit sebesar Rp1.373,66 triliun, atau naik 4,97% YoY.

Di sisi penghimpunan dana, BRI mencatatkan Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar Rp1.421,60 triliun, dengan porsi dana murah (CASA) mencapai 65,77%, menunjukkan efisiensi biaya dana yang terjaga. (*)

Kategori :