Bersih Nyaman, Kreatif, Tiga Museum Masuk Nominasi Surabaya Tourism Award
Sosok superhero yang menjadi pengisi Museum Blockbuster Surabaya.-Museum Blockbuster untuk Harian Disway-
SURABAYA, DISWAY.ID - Penjurian Surabaya Tourism Awards (STA) 2022 sudah bergulir. Ada tiga kategori tempat wisata. Yaitu museum, bangunan bersejarah atau wisata religi, dan wisata kongko-kongko. Untuk kategori museum, para dewan juri meloloskan tiga museum. Yakni, Museum Pendidikan, Museum Blockbuster, dan Museum Technoform.
“Karena tiga museum itu punya produk-produk atau sajian yang unik,” ujar Dekan School of Tourism Universitas Ciputra Surabaya Agoes Tinus Lis Indrianto, Jumat, 27 Mei 2022. Ketiga museum itu punya skor unggul dalam enam kategori penilaian. Yakni kebersihan dan kenyamanan (CHSE), pelayanan prima, kreatif dan inovatif, informatif, punya dampak ekonomi bagi sekitar, dan punya konten favorit.
Dua museum relatif belum terlalu banyak dikenal orang-orang. Cuma Museum Pendidikan yang populer karena promosinya digencarkan Pemkot Surabaya. STA 2022 diharapkan mampu mengekspos tiga museum tersebut.
“Dari tiga museum nanti akan dipilih satu sebagai pemenang,” lanjut Agoes. Tentu setelah dievaluasi oleh para dewan juri. Yakni dengan 6 kategori penilaian yang sudah ditetapkan. Hasilnya bakal diumumkan tepat pada HUT Surabaya ke-729, 31 Mei 2022.
Terpilihnya tiga museum sebagai nominasi tentu membuat para pengelola bangga. Mereka senang karena mendapat apresiasi. Apalagi jika mengingat usaha mereka mempertahankan operasional museum selama pandemi Covid-19.
Museum Blockbuster yang punya 3.000 koleksi action figure itu baru dibuka pada medio 2019. Belum jalan setahun sudah dihantam pandemi Covid-19. “Sempat tutup berbulan-bulan. Beberapa UMKM kami juga menarik diri karena traffic pengunjung benar-benar anjlok,” ujar Event Coordinator Museum Blockbuster Febri Putra.
Ia pun bersyukur bisa melewati fase sulit itu dengan perjuangan yang keras. Hingga akhirnya mulai merangkak kembali pada November 2021.
Lalu lintas pengunjung perlahan naik. Terutama sejak momen libur natal dan tahun baru. Kemudian bersambung pada bulan Ramadan dan libur Lebaran. Sudah mulai banyak yang reservasi, baik di area food court maupun field trip.
Tim pengelola tentu menyiapkan strategi untuk lebih menggencarkan promosi. Dengan menggelar berbagai acara rutin bareng komunitas-komunitas di Surabaya. Misalnya, acara cosplay hingga games challenges.
Juga dengan pengembangan museum. Yakni bakal ditambah jumlah patung superhero dan photo booth. Agar bisa menarik pengunjung untuk berswafoto.
Febri pun optimistis strategi itu bisa makin mendongkrak volume pengunjung. Sudah seharusnya memanfaatkan momen agar dunia wisata bisa bangkit. “Sekarang mulai banyak yang datang terutama kalau weekend. Bisa sampai 400 orang,” katanya.
Ruangan Museum Technoform yang menyimpan berbagai benda bersejarah tentang inovasi perkembangan teknologi komunikasi.-Safitri-Harian Disway-
Keterpurukan serupa juga terjadi pada Museum Technoform. Cuma pengelola lebih kreatif. Memanfaatkan teknologi untuk beradaptasi dengan pandemi Covid-19. Yakni dengan menggelar tur virtual melalui zoom meeting.
“Kami juga sering bikin bincang online tentang teknologi dan informasi di YouTube,” ujar staf admin Museum Technoform Galih Pratama Putra. Pengunjung juga bisa menikmati virtual room tour yang sudah disediakan di website. Fitur itu sengaja disediakan gratis sebagai media promosi.
Gagasan itu sangat adaptif. Terbukti museum tetap bisa menarik pengunjung meski keadaan memaksa tak boleh berkerumun. Bahkan layanan tur virtual itu masih laku hingga sekarang. Terutama permintaan dari banyak sekolah di Surabaya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: