Nasib Shin Tae-yong Sebagai Pelatih Timnas Indonesia Ditentukan Oktober

Nasib Shin Tae-yong Sebagai Pelatih Timnas Indonesia Ditentukan Oktober

KEBERSAMAAN tim nasional Indonesia dengan pelatih Shin Tae-yong akan dievaluasi. Oktober nanti diyakini menjadi hari penghakiman pelatih asal Korea Selatan itu. Apakah akan terus dipertahankan atau tidak.

Hal tersebut bergantung hasil pertandingan timnas Indonesia menghadapi Taiwan di playoff kualifikasi Piala Asia 2023. Duel tersebut akan digelar dua leg yang kabarnya berlangsung pada Oktober 2021.

PSSI sudah menargetkan timnas lolos ke Piala Asia 2023. Nah, bila timnas sampai kalah, tentu kursi Shin Tae-yong akan bergoyang. Kabarnya, pada pertemuan dengan PSSI, Shin Tae-yong menyetujui. Ia siap dievaluasi bila nanti gagal membawa Indonesia lolos ke Piala Asia.

Shin Tae-yong sudah melatih timnas Indonesia sejak awal 2020. Sejauh ini, pelatih asal Korea Selatan itu telah memimpin enam pertandingan tim Garuda. Shin Tae-yong belum mampu memberikan hasil maksimal untuk timnas. Skuad asuhannya hanya meraih satu hasil imbang dan menelan lima kekalahan.

Menghadapi laga lawan Taiwan itu, timnas akan segera menggelar pemusatan latihan pada pertengahan September. Selain muka lama, diyakini akan muncul wajah-wajah baru yang bergabung di timnas. Itu seiring dengan mulai bergulirnya kompetisi Liga 1 2021. Mungkin ada wajah-wajah baru hasil pengamatan tim pelatih selama Liga 1 bergulir.

"Pemusatan latihan timnas Indonesia melawan Taiwan akan dilakukan pada pertengahan September. Jadi, kira-kira beberapa pekan setelah bergulirnya BRI Liga 1 2021/2022," ucap Endri Erawan, angota Exco PSSI.

Selain playoff kualifikasi Piala Asia 2023, Shin Tae-yong memegang sederet tugas dari PSSI. Di antaranya, timnas U-23 untuk persiapan kualifikasi Piala AFC U-23 2022 pada Oktober. Indonesia menjadi tuan rumah. Selain itu, timnas Indonesia senior akan berlaga di Piala AFF 2020. Ajang tersebut rencananya digelar pada Desember 2021–Januari 2022. (Dika Afandi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: