Koci Jatim 2021 Tapak Tilas Jejak Cheng Ho di Jatim

Koci Jatim 2021 Tapak Tilas Jejak Cheng Ho di Jatim

Laksamana Cheng Ho merupakan sosok mahsyur di Jawa Timur. Laksamana asal Tiongkok itu berperan penting dalam penyebaran agama Islam. Dua finalis Koko Cici Jawa Timur (Koci Jatim) 2021 menjabarkan sosoknya dengan berkunjung ke lokasi terkait.

Ferdinand Marco Aloei memilih menjelajahi Masjid Muhammad Cheng Ho, Pandaan. Tempat ini memiliki fungsi sebagai pusat peribadahan umat islam sekaligus lokasi pariwisata.

Masjid ini hampir sepenuhnya berornamen Negeri Tirai Bambu. Dindingnya bercat merah, terdapat kaligrafi tulisan Arab Tiongkok. Serta atap meruncing layaknya tempat peribadatan Tri Dharma.

Lokasinya yang sejuk dan strategis sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan maupun pengguna jalan. Peletakan batu pertama masjid itu dilakukan oleh mendiang Abdurrahman Wahid sebagai presiden keempat Indonesia pada 2008.

”Tempat ini dibangun untuk mengabadikan kehebatan Laksamana Cheng Ho sebagai pemimpin pasukan yang hebat sekaligus penyebar agama Islam di Pasuruan,” kata Ferdinand.

Fakta itu tertuang dalam sebuah prasasti yang ditempatkan di dekat pintu masuk utama. Di sana, tertulis kalau Cheng Ho memimpin pasukan berjumlah ribuan orang untuk melakukan penjelajahan ke Benua Asia dan Afrika.

Para tentara ditempatkan dalam ratusan kapal dengan perlengkapan lengkap. Ia datang ke Pulau Jawa ketika Kerajaan Majapahit tengah berkuasa.

Cheng Ho melakukan penjelajahan dunia sebanyak tujuh kali dari tahun 1405 sampai 1433. Rombongan kapal-kapalnya mengunjungi Nusantara, Thailand, India, Arabia, dan Afrika Timur.

Bahkan ada beberapa spekulasi yang memperkirakan perjalanan kapal Cheng Ho jauh melampaui Semenanjung Harapan Afrika Selatan.

Ia membentuk komunitas Muslim di Palembang dan di Kalimantan Barat. Selanjutnya membentuk berbagai komunitas serupa di pesisir Jawa, semenanjung Malaysia dan Philipina.

”Tempat ini merupakan bentuk akulturasi budaya Tionghoa, Jatim, dan Timur Tengah. Semua dapat dilihat dari berbagai ornamen di kompleks masjid,” tuturnya.

Kisah tentang kehebatan Laksamana Cheng Ho dituturkan oleh Paulina Cornelia Chandra, finalis Koci Jatim 2021.

Perempuan kelahiran Jember itu melacaknya dengan berkunjung ke Kelenteng Sam Poo Tay Djien. Biasa dikenal dengan Kelenteng Mbah Ratu. Letaknya berada di kawasan Morokrembangan, Surabaya Utara.

Paulina Cornelia Chandra ketika berkunjung ke Kelenteng Sam Poo Tay Djien. (Paulina Cornelia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: