6 Tip Sebelum Membeli Carrier untuk Naik Gunung

6 Tip Sebelum Membeli Carrier untuk Naik Gunung

AKTIVITAS mendaki gunung semakin menjadi tren di kalangan milenial. Terlebih kini juga makin banyak gunung yang memberikan fasilitas yang ramah untuk pendaki pemula. Kini aktivitas tersebut tak lagi terkesan ekstrem dan ditakuti.

Dengan makin tingginya minat publik untuk mendaki gunung, para produsen perlengkapan outdoor tergerak untuk memproduksi barang yang semakin beragam. Salah satu produk yang kini banyak macamnya adalah carrier. Dulu, carrier, apapun mereknya, pasti desainnya mirip. Namun sekarang lebih bervariasi. Juga stylish dengan aneka warna cantik.

Nah, jika Anda berencana membeli carrier, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Bukan hanya soal gaya dan warna. Tapi yang paling penting adalah kenyamanan dan keamananya. Sebab, ransel atau carrier diibaratkan seperti nyawa kita di gunung. Berikut ini tips sebelum memutuskan membeli carrier.  

Kapasitas

Ukuran carrier sebaiknya disesuaikan dengan durasi perjalanan. Contohnya jika Anda melakukan perjalanan 1-3 hari, gunakan carrier berukuran 30-50 liter. Sedangkan untuk perjalanan selama 4-6 hari, Anda harus memakai carrier berukuran 50-80. Sedangkan carrier yang ukurannya lebih dari 80 liter, sebaiknya dipakai untuk perjalanan yang durasinya lebih dari sepekan.

Desain Slim

Desain carrier yang ramping atau berbentuk membujur ke atas memudahkan pengguna yang melewati jalur trek dengan vegetasi yang rapat di pegunungan. Sedangkan carrier yang banyak saku tambahan membuat gerak kita menjadi tidak leluasa. Bisa saja tersangkut jika kita melewati jalur hutan yang rimbun. Sangat tidak fleksibel.

Kantong Tumbler

Carrier dengan banyak saku memang merepotkan. Tapi, kalau tidak ada saku sama sekali, juga kurang nyaman. Sebaiknya kita membeli carrier yang memiliki saku samping untuk wadah botol minum. Ini akan memudahkan kita mengambil air selama perjalanan. Jika haus, tinggal ambil aja di saku samping. Tidak perlu menurunkan carrier dari bahu dan membongkar separo isinya.

Air Back System

Selama perjalanan, pasti perlu menggendong ransel dengan nyaman. Salah satu yang memengaruhi kenyamanan adalah sirkulasi udara atau air back system yang berada di bagian dalam ransel. Yang bersentuhan dengan punggung kita. Ransel dengan air back system membuat punggung tidak terasa panas selama menggendongnya. Air back system pada carrier biasanya ditandai dengan adanya rongga-rongga pada busa di bagian dalam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: