Persib vs Persebaya: Beban Ada di Tuan Rumah

Persib vs Persebaya: Beban Ada di Tuan Rumah

Pemain Persebaya Alta Ballah (kiri) beserta pelatih Aji Santoso (tengah) saat menghadiri konferensi pers di Graha Persib, kota Bandung, Kamis (16/6).-Foto: Deni Armansyah/Jabar Ekspres-

SURABAYA, DISWAY - Hidup mati bakal dilakoni Persebaya dan Persib Bandung malam ini. Kedua tim berburu kemenangan untuk bisa menyegel satu tiket dari grup C untuk ke babak berikutnya.

Sampai saat ini kedua tim masih mengumpulkan satu poin dari laga perdana yang telah dijalani. Persib ditahan Bali United dan Persebaya bermain imbang saat lawan Bhayangkara FC. 

Beban milik Persib di laga tersebut. Maung Bandung dituntut menang. Hasil imbang lawan Bali United membuat pendukung Persib tidak puas. Mereka kecewa lantaran tiga poin gagal dibukukan. Padahal, Bali United main dengan sepuluh orang. 

Selain itu, musim ini skuad Persib dibilang mewah. Sederet bintang didatangkan. Salah satunya, Ciro Alves yang musim lalu bermain untuk Persikabo.

”Bisa dikata, skuad Persib musim ini cukup mewah. Semua pemain berkualitas  didatangkan. Termasuk Rian dan Kambuaya yang musim lalu bermain untuk kami,” terang Aji Santoso.

Oleh karena itu, kata Aji, wajar bila Persib layak diunggulkan di laga nanti. Terlebih, skuad Persebaya musim ini mayoritas muda dan muka baru. Itu beda banget dengan Persib yang punya sederet pemain bintang dan matang.

Posisi tak diunggulkan itu justru menjadi keuntungan Persebaya. Pemain Bajol Ijo bisa main lepas dan tak terbebani. ”Itu keuntungan kami. Beban ada di sana. Tinggal bagaimana kami memanfaatkan keuntungan ini,” jelasnya.

Lawan Persib, Aji mengirim sinyal untuk melakukan rotasi. Supriadi yang disimpan di laga perdana akan diturunkan sejak awal sebagai winger kiri.

Begitu juga dengan posisi striker. Januar Eka akan mendapat giliran main. Di tengah, gelandang muda jebolan Persebaya U-20 Denni Agus akan bermain sejak awal. Ia bakal bertandem dengan Alwi Slamat dan Brylian Aldama. Nama terakhir itu menjadi opsi pertama seiring dengan absennya M. Hidayat karena cedera.

Begitu juga di belakang. Seiring dengan belum fitnya kondisi Zaenuri, Dandi Maulana akan tampil sebagai starter. Sembari itu, Aji akan melihat kondisi Rizky Ridho.

Bila kondisi fisiknya cukup oke, bek timnas itu akan diturunkan sebagai pengganti. Begitu juga dengan Koko Ari dan Marselino Ferdinan. ”Ketiganya akan kami masukkan line-up. Kalau memungkinkan, mereka akan kami turunkan. Mungkin sebagai pemain pengganti,” jelasnya.

Skenario yang sama berlaku bagi pemain asing. Aji Santoso sepertinya masih akan menurunkan mereka di babak kedua. ”Mereka sebetulnya belum siap seratus persen. Oleh karena itu, kami akan turunkan di babak kedua,” tandasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: