ruangrupa Ajak Nasida Ria Tampil di Pameran Seni Kontemporer di Jerman, Ini Profilnya

ruangrupa Ajak Nasida Ria Tampil di Pameran Seni Kontemporer di Jerman, Ini Profilnya

Profil Nasida Ria-Instagram @documentafifteen-

KASSEL, HARIAN DISWAY – Grup kasidah modern asal Semarang, Nasida Ria, sedang ramai dibicarakan di media sosial. Mereka tampil di panggung Opening Week Music Program pameran seni kontemporer documenta fifteen yang berlangsung tiap lima tahun sekali di Kassel, Jerman. Nasida Ria tampil di hari pertama, pada Sabtu 18 Juni 2022.  Nasida Ria membawakan lagu-lagu hits mereka seperti Perdamaian dan Kota Santri. 

documenta fifteen tahun ini terbilang bersejarah buat Indonesia sebab yang terpilih untuk mengkurasi karya-karya yang dipamerkan adalah seniman-seniman Indonesia yang tergabung dalam ruangrupa. Melalui websitenya, ruangrupa menuliskan kalau mereka menjadi orang Asia dan kumpulan seniman pertama yang dipilih untuk mengkurasi pameran prestisius ini. 

ruangrupa mengambil tema lumbung yang berarti tempat menyimpan padi. Dalam model artistik dan ekonomi, lumbung didasarkan pada prinsip-prinsip seperti koletivitas, pembangunan sumber daya bersama, dan ditribusi yang adil. Hal itu yang diwujudkan dalam bentuk kerjasama dan desain pameran.  

Melalui Instagram, Nasida Ria menulis kalau ruangrupa inilah yang mengajak mereka tampil di Jerman. Biar makin kenal, kulik yuk profil mereka. 

ruangrupa


ruangrupa terpilih sebagai kurator pameran seni kontemporer documenta fifteen. -Foto: Jin Panji/Gudskul-via documenta-fifteen.de

ruangrupa adalah kumpulan seniman yang terbentuk tahun 2000. Dalam website resminya, tertulis kalau anggota ruangrupa sekarang adalah Iswanto Hartono, Julia Sarisetiati, Mirwan Adnan, Narpati Awangga, Reza Afisina, Ade Darmawan, Ajeng Nurul Aini, Daniella Praptono, Farid Rakun, dan Indra Ameng.

ruangrupa dibentuk karena para founder-nya merasa bahwa seniman memerlukan ruang (secara fisik dan mental) di Jakarta, agar bisa bekerja secara intens. Sebuah ruang yang bisa digunakan untuk menyampaikan ide-ide seni visual seperti seni publik, seni pertunjukan, dan seni video. 

Sebagai organisasi non profit, ruangrupa secara konsisten memajukan ide-ide artistik dalam konteks urban maupun budaya melalui pameran, festival, workshop, penelitian, penerbitan buku, majalah, dan jurnal online. 

Nasida Ria

Nasida Ria adalah grup kasidah modern asal Semarang yang dibentuk pada 1975. Awalnya grup ini punya Sembilan anggota. Pendirinya adalah HM Zain, seorang guru qira’at. Album debut mereka berjudul Alabadil Makabul dibuat tiga tahun setelah Nasida Ria dibentuk. 

Hingga sekarang, grup ini sudah memiliki lebih dari 350 lagu dan 35 album. Anggotanya sekarang berjumlah 12 orang. Selama terbentuk hingga sekarang, Nasida Ria mengalami pergantian personel karena ada yang telah meninggal dunia, ada juga yang keluar dari grup. 

Selama karirnya, grup kasidah modern ini kerap diundang untuk tampil di luar negeri, termasuk Jerman. Pada 1996 mereka diundang mengisi Festival Heimatklange di Berlin, Mulheim, dan Dusseldorf. Sebelum itu mereka juga tampil di Die Garten des Islam atau Pameran Budaya Islam oleh Haus der Kulturen der Welt atau pusat nasional untuk seni kontemporer non-Eropa di Berlin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: documenta-fifteen.de