Gagal di Piala Presiden 2022, Persebaya Lanjut TC di Yogyakarta

Gagal di Piala Presiden 2022, Persebaya Lanjut TC di Yogyakarta

Setelah gagal di Piala Presiden 2022, Persebaya langsung menggelar TC di Yogyakarta.--

Persebaya langsung berbenah. Usai gagal di Piala Presiden 2022. Pelatih Aji Santoso sudah menyiapkan pemusatan latihan. Yogyakarta kembali dipilih sebagai tempat training center (TC). Kota itu sangat familier dengan Persebaya. Sejak 2017, TC selalu digeber di Kota Gudeg. 

TC digelar mulai 24 Juni hingga 5 Juli. Tak hanya fokus pada taktik, fisik Alwi Slamat dan kawan-kawan juga akan digenjot. Beberapa lokasi dijajaki untuk program peningkatan fisik itu. Salah satunya, Pantai Parangtritis di Bantul.

Lapangan berpasir dinilai cukup efektif untuk mengatrol fisik para pemain. ”Fisik memang menjadi salah satu perhatian kami. Pada pertandingan kemarin, tak semua pemain sanggup tampil spartan selama 90 menit,” tandasnya.

Secara tim, Aji Santoso mengakui, penampilan Persebaya di Piala Presiden masih belum berada di level yang diharapkan. ”Saya lihat masih sekitar 50–60 persen,” ungkapnya.

Padahal, targetnya, tim bisa berada di level 70 persen. ”Karena itu, kami putuskan untuk langsung gelar TC di Yogyakarta,” tambahnya.

Baca Juga: Permainan Salman Alfarid Belum Menjanjikan, Persebaya Bisa Darurat Bek Kiri

Pada pemusatan latihan nanti, Aji Santoso berharap level kesiapan tim sudah mendekati 90 persen. Baik secara fisik maupun karakter permainan. Aji optimistis target tersebut tercapai. Khususnya pada karakter permainan. 

Sepulang dari Piala Presiden, Pelatih Terbaik Liga 1 2021 itu sudah mengantongi data penting kemampuan para pemainnya.

”Tim ini memiliki potensi yang besar. Kami memang gagal. Tapi, kami bisa mendapatkan data penting untuk menyusun tim ini selanjutnya,” ujarnya.

Baca Juga: Di Balik Penampilan Perdana Catur Pamungkas di Persebaya: Instruksi "Matikan" Irja dan Restu Ortu

Sementara itu, Selasa malam rombongan Persebaya sudah tiba di Stasiun Gubeng. Para pemain langsung meluncur ke mes di tengah kota. Dua hari ini tak ada agenda latihan. Selanjutnya, Persebaya dijadwalkan bertolak ke Yogyakarta pada Jumat (24/6) petang. 

Selain itu, Persebaya tengah menjajaki menggelar satu atau dua pertandingan persahabatan sebelum kompetisi. Pertandingan akan dikemas dalam launching tim sekaligus uji kekuatan dan kesiapan tim menyambut kompetisi Liga 1 yang dijadwalkan bergulir pada 23 Juli.(*)

Sumber: