Menpan RB Wafat, Mahfud MD: Saya Bersaksi Pak Tjahjo Kumolo Orang Baik

Menpan RB Wafat, Mahfud MD: Saya Bersaksi Pak Tjahjo Kumolo Orang Baik

Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo saat memimpin rapat di kantornya.-Humas Menpan RB-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia pukul 11.10, Jumat 1 Juli 2022. Ia sempat dirawat di RS Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta karena infeksi paru-paru yang dideritanya.

Kabar Tjahjo sakit sebenarnya sudah terdengar sebelum Rakernas PDIP di Jakarta bulan lalu. Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menjenguknya usai menghadiri rakernas yang digelar 21 Juni 2022.

Politisi senior PDIP itu lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada 1 Desember 1957. Ia dilantik sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Indonesia sejak 23 Oktober 2019, pada Kabinet Indonesia Maju.

Orang kepercayaan Jokowi itu juga menjabat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sejak 27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019 pada Kabinet Kerja.

Sebelum jadi menteri, Tjahjo menjadi anggota DPR RI 2009-2014 dari PDIP Dapil I Jawa Tengah I, Semarang. Ia juga pernah menjadi Ketua Fraksi PDI-P di DPR RI dan juga menjadi anggota Komisi I yang membidangi pertahanan, luar negeri, dan informasi di DPR RI.

Ketum PDIP mempercayainya sebagai Sekjen pada periode 2010-2015. Jabatannya naik setelah sebelumnya menjabat Ketua DPP Bidang Politik.

Jauh sebelum bergabung PDIP ia berbendera Golkar. Tjahjo lolos ke senayan dari Fraksi Golkar (1987-1992).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia Mahfud MD mendapat kabar duka itu saat berada di helikopter bersama Jaksa Agung Burhanuddin dari Bandung menuju Jakarta. Ia menyampaikan bela sungkawa melalui twitter. "Inna lillah wa inna ilaihi raji'un. Saya bersaksi bahwa Almarhum orang yang baik. Semoga Allah memberikan surga-Nya," kata Mahfud MD.

Kabar meninggalnya sang menteri telah dikonfirmasi Humas Kementerian PAN-RB.  Tjahjo meninggal di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta, pada pukul 11.10. 

Menteri Tjahjo menjalani perawatan intensif di RS tersebut sejak pertengahan Juni. Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini mengonfirmasi berita duka tersebut. “Bapak Menteri telah dipanggil Allah SWT pada hari ini pukul 11.10 WIB. Kami mohon doa dari Bapak/Ibu dan rekan-rekan sekalian, semoga beliau diterima di sisi-Nya,” ujar Rini di Jakarta. 

Ia menyampaikan bahwa terkait proses pemakaman akan diinfokan lebih lanjut. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: