Cheng Yu Pilihan Prof Yohanes Surya: Qian Li Zhi Xing, Shi Yu Zu Xia

Cheng Yu Pilihan Prof Yohanes Surya: Qian Li Zhi Xing, Shi Yu Zu Xia

Cheng Yu Yohanes Surya--

Prof Drs Yohanes Surya MSc PhD percaya “千里之行,始于足下” (qiān lǐ zhī xíng, shǐ yú zú xià): perjalanan ribuan mil, dimulai dari satu langkah kaki. Itu dinyatakan ribuan tahun lalu oleh filsuf Lao Tzu 老子. Dalam kitabnya yang sangat terkenal: Tao Te Ching (道德经).

Orang bisa sampai ke bulan, diawali dengan astronot yang menaiki roket. Roket dirancang oleh teknisi-teknisi yang sebelumnya belajar fisika. Fisika tercipta oleh mereka yang tak henti-hentinya berpikir detail dan matematis. 

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Pendiri VIVERE Group Dedy Rochimat: Xun Xu Jian Jin

Begitulah, semuanya bermula dari hal-hal kecil. Yang mungkin kelihatan remeh-temeh, tapi sebenarnya mempunyai dampak yang luar biasa besar. Makanya, kata Prof. Surya, “Segala sesuatu harus dimulai dengan langkah sekecil apapun.”

Tentu, Prof Surya tidak hanya bicara. Ia sungguh-sungguh melakukannya. Demi kemajuan bangsa dan negara yang amat dicintainya: Indonesia. Bayangkan, walau sudah punya green card Amerika, Prof Surya memilih pulang ke Indonesia. Ia ingin mengharumkan nama Indonesia melalui keahliannya: fisika dan matematika.

Dan benar. Sekembalinya ke Indonesia, Prof Surya langsung melatih dan memimpin Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI). Dari 1993 hingga 2007, siswa-siswi binaannya berhasil membuat bangga Indonesia dengan menyabet 54 medali emas, 33 medali perak, dan 42 medali perunggu dalam berbagai kompetisi sains/fisika internasional. Beragam prestasi ini terus berlanjut sampai sekarang. 

Tidak cukup di situ. Sejak 2000, Prof. Surya juga banyak mengadakan pelatihan untuk guru-guru fisika dan matematika di seluruh penjuru negeri. Mulai tahun 2009, ia bekerja sama dengan pemda daerah-daerah tertinggal menyelenggarakan program matematika Gasing (Gampang Asyik dan menyenangkan). Tujuannya: agar guru-guru dan anak-anak di daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) pun dapat belajar fisika dan matematika dengan kualitas yang sama dengan yang tinggal di kota.

Belum puas, Prof Surya pada 2010 lanjut mendirikan STKIP Surya, guna mencetak tenaga pengajar yang berkualitas di bidangnya. Lalu, pada 2013 kemarin, meresmikan pendirian Surya University –sebagai universitas berbasis riset yang didukung oleh ratusan ilmuwan dan lebih dari 77 research center. Suatu kampus yang digadang-gadang akan menjadi pilar utama Indonesia Emas 2045. 

Maju terus, Prof Surya! (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: