Cedera, Alwi Slamat Jalani Terapi Bara Api di Kampung Halaman

Cedera, Alwi Slamat Jalani Terapi Bara Api di Kampung Halaman

--

TAK ada nama Alwi Slamat dalam daftar pemain yang diturunkan Persebaya malam ini. Kapten Bajol Ijo tersebut tengah pulang kampung ke Tulehu, Ambon, Maluku. Bukan untuk liburan. Ia tengah berobat di kampung halamannya.

”Alwi memang izin pulang. Mau mengobati cederanya,” terang Aji Santoso, pelatih Persebaya.

Alwi memang tengah dibekap masalah di lutut kirinya. Cedera itu didapat saat Persebaya menghadapi PSIM pada 17 Juli. Kata Alwi, lututnya sudah terasa sakit saat pemanasan. Namun, ia terus dipaksakan hingga bubaran pertandingan.

Seusai itu, ia pun masih tetap menjalani latihan seperti biasa. Bahkan, masih sempat memimpin rekan-rekannya saat lawan Persikabo 1973 di laga perdana. Tetapi, penampilannya tidak tuntas. Ia keluar lapangan di menit ke-53 dengan kaki terpincang.

Kenapa harus pulang ke Ambon? Bukankah Persebaya punya tim medis yang mumpuni? Soal itu, Alwi Slamat bisa meyakinkan Aji. Kata Alwi, ada metode pengobatan tradisional yang bisa mempercepat pemulihan cederanya. Namanya, metode bara api. 

Pengobatan lokal itu secara turun-temurun menjadi tradisi di Ambon. Disebut bara api karena memang ada pembakaran di sana. Jadi, beberapa ramuan dari dedaunan dicampur jadi satu, kemudian dibakar. Setelah itu, dilaburkan di lututnya yang cedera.

Soal itu, Alwi sudah pernah membuktikan mujarabnya. Yakni, saat masih berkostum PSMS Medan pada Liga 1 2018. Waktu itu Alwi mengalami cedera lutut kanan yang parah. Oleh dokter, ia diharuskan untuk menjalani operasi. Tapi, ia menolak. 

”Saat itu dua minggu saya tak bisa jalan. Mengurung diri di kamar. Bahkan, saat pulang, saya sampai nangis saat turun pesawat. Sakitnya luar biasa,” kisahnya.

Di Ambon, pengobatan bara api membuktikan kemanjurannya. Tak sampai dua pekan, sembuh sediakala. Seperti saat cedera belum membekap. Nah, pengalaman itulah yang membuat Aji Santoso memberikan izin kepada Alwi untuk pulang dan menjalani pengobatan.

Bagaimana kondisi Alwi? ”Sudah baikan. Tanggal 4 insya Allah sudah balik Surabaya,” ujarnya. Selama di Ambon, Alwi berkali-kali menjalani pengobatan bara api. Ia mengatakan, dampaknya sudah terasa.

”Tinggal beberapa hari lagi. Semoga bisa sembuh seperti sediakala,” ungkapnya. (*)

Sumber: