Uraian Motif Pembunuhan Yosua

Uraian Motif Pembunuhan Yosua

-Ilustrasi: Reza Alfian Maulana-Harian Disway-

Sangat kecil kemungkinan Yosua berani melecehkan seksual Putri, dengan jumlah orang segitu di satu rumah, termasuk Sambo, di TKP. Apalagi, di penjelasan awal Polri, Yosua dikatakan masuk kamar Putri.

Sementara itu, Putri tidak gampang bersaksi. Sebab, katanya, masih terguncang. Dia pernah melapor ke Polres Jakarta Selatan. Melapor sebagai korban pelecehan seksual dan penodongan pistol oleh Brigadir Yosua.

Kesaksian Putri dibenarkan Kapolres Jakarta Selatan (waktu itu) Kombes Budhi Herdi Susianto.

Budhi kepada pers di Polres Jakarta Selatan, Selasa, 12 Juli 2022, mengatakan: ”Yang jelas, kami menerima LP atau laporan polisi dari Ibu Kadivpropam dengan pasal tersangkaan 335 dan 289.” 

Keterangan waktu pelaporan tidak disebutkan. Tapi, kejadian tindak pidana pelecehan seksual oleh Yosua terhadap Putri pasti setelah Brigadir Yosua tewas, Jumat, 8 Juli 2022, sekitar pukul 17.00.

Jadi, Putri melaporkan orang yang sudah meninggal. 

Tapi, kepada tim pembantu penyelidikan di luar Polri, yakni LPSK (Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban), Putri belum pernah bicara. Itu dikatakan Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo kepada pers, Rabu, 10 Agustus 2022. ”Belum pernah,” ujarnya.

Dijelaskan Hasto Atmojo Suroyo, Putri awalnya minta perlindungan LPSK. Lalu, LPSK menerima permintaan perlindungan tersebut.

Dijadwalkan pertemuan assessment (pertama) pada Rabu, 27 Juli 2022, di kantor LPSK. Ternyata Putri tidak hadir.

Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi kepada pers, Kamis, 28 Juli 2022, mengatakan: ”Ibu P ada surat dari kuasa hukumnya, menyatakan Ibu P belum bisa memenuhi undangan. Karena situasi psikologisnya masih terguncang.” 

LPSK menjadwal ulang, pertemuan Putri dengan LPSK pada Senin, 1 Agustus 2022. Tapi, Putri tidak hadir dengan alasan yang sama.

Arman Hanis, kuasa hukum Putri Candrawathi, kepada pers di kantor LPSK, Senin, 1 Agustus 2022, mengatakan: 

”Berdasarkan hasil komunikasi atau konsultasi kami dengan psikolog, makanya kami meminta psikolog hadir mendampingi untuk menjelaskan kondisi klien kami yang saat ini masih terguncang dan trauma berat.”

Terakhir, tim LPSK mendatangi rumah Putri di Jalan Seguling III, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa, 9 Agustus 2022, sekitar pukul 10.30. Tim LPSK sudah bertemu Putri di situ. Tapi, Putri tak mau bicara. Karena masih terguncang. 

Semua pihak harus bersabar, menunggu sampai kondisi psikologis Putri dalam kondisi baik. Sehingga bisa bersaksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: