Sang Merah Putih Raksasa Berkibar di Dam Pleret 1904 Pasuruan

Sang Merah Putih Raksasa Berkibar di Dam Pleret 1904 Pasuruan

SUASANA upacara peringatan HUT Ke-77 Republik Indonesia di Dam Pleret 1904 Pasuruan.-Lailiyah Rahmawati-

HARIAN DISWAY, PASURUAN - Warga dan sejumlah pemuda di Dusun Magersari, Desa Pleret, Kabupaten Pasuruan, kembali menggelar upacara untuk memperingati HUT Ke-77 Republik Indonesa. Saat bendera Merah Putih ukuran raksasa dikibarkan di Dam Pleret setempat, dengan khidmat seluruh warga memberikan hormat.

Upacara HUT RI tersebut digelar kali kedua di dam yang kini wajahnya sukses berubah menjadi lokasi wisata tersebut. Sejak pagi, Rabu, 17 Agustus 2022, warga dan peserta upacara sudah memadati lokasi sekitar.

Bendera raksasa yang dibentangkan berukuran panjang 17 meter dan lebar 8 meter. Upacara Hari Kemerdekaan bangsa Indonesia itu digelar sebagaimana upacara biasanya. Lengkap dengan petugas dan inspektur upacara. Kali ini kepala PSDA Gembong Pekalen menjadi inspektur upacara tersebut.

”Ini tahun kedua digelar upacara memperingati Hari Kemerdekaan. Bendera ukuran raksasa yang dibentangkan dijahit sendiri oleh seorang warga sini,” ujar Fatkhul, salah seorang panitia acara tersebut.

Biayanya pun, disebutkan Fatkhul, berasal dari sumbangsih warga sekitar. Fatkhul menjelaskan, upacara yang digelar pihaknya selain mengajak warga sekitar untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI, juga untuk mengajak pihak lain menjaga kondisi sungai. Seperti diketahui, dulu kondisi Dam Pleret kurang bersih. Namun, sekarang sudah berubah total.

”Selain menggelar upacara bendera, kami juga menggelar berbagai lomba untuk memeriahkan HUT RI dan HUT Dam Pleret seperti lomba pukul bantal dan jemparingan pekalen nanti,” pungkasnya. (*)

 

Sumber: