Cheng Yu Pilihan Anggota DPRD Jatim Teguh Prabowo Gunawan: Guo You Bu Ji

Cheng Yu Pilihan Anggota DPRD Jatim Teguh Prabowo Gunawan: Guo You Bu Ji

Cheng Yu Teguh Prabowo Gunawan--

ADA pepatah yang disadur dari wejangan filsuf agung Konfusius yang sangat disukai Teguh Prabowo Gunawan alias Go Tjong Ping, politikus PDIP yang kini menjabat anggota DPRD Jawa Timur. Bunyinya: 过犹不及 (guò yóu bù jí). Terjemahan bebasnya: berlebihan dan kekurangan sama-sama tidak baiknya.

Yang bagus adalah yang moderat. Tidak ekstrem kanan. Tidak pula ekstrem kiri. Sebagaimana disabdakan Kanjeng Nabi, "Khoirul umuur ausathuhaa". Yang artinya: sebaik-baiknya perkara ialah yang tengah-tengah. 

Sederhananya, seperti lagu dangdut klasik yang didendangkan Vety Vera, "Hidup ini jangan serba terlalu. Yang sedang-sedang saja. Karena semua yang serba terlalu bikin sakit kepala. Terlalu kaya, jangan terlalu. Terlalu miskin, jangan...."

Sayangnya, orang-orang yang menjalani laku yang sangat terpuji itu, kata Konfusius dalam bab 6 kitab Lun Yu (论语), sudah lama sekali jarang didapati (中庸之为德也其至矣乎民鲜久矣 zhōng yōng zhī wéi dé yě qí zhì yǐ hū mín xiān jiǔ yǐ).

Tak masalah. Asal, tegas Mencius 孟子 dalam kitab Mengzi (孟子), "Ketika kaya dan berkedudukan tinggi tidak mencemarkan diri; ketika miskin dan tidak punya jabatan tidak goyah pendirian" (富贵不能淫; 贫贱不能移 fù guì bù néng yín; pín jiàn bù néng yí). (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: