Danai Gurira Sewa Pelatih Renang Olimpiade Demi Tampil Perfect di Wakanda Forever

Danai Gurira Sewa Pelatih Renang Olimpiade Demi Tampil Perfect di Wakanda Forever

ANGGUNNYA Danai Gurira ketika menghadiri premiere Black Panther: Wakanda Forever di Dolby Theatre, Hollywood, 26 Oktober 2022. -Valerie Macon-AFP -

LOS ANGELES, Harian Disway - Danai Gurira lihai berenang. Dia bahkan sering ikut lomba saat masih sekolah. Namun, ketika mengetahui bahwa film terbaru Black Panther: Wakanda Forever mengharuskan dia banyak syuting di dalam air, Danai Gurira menyewa pelatih renang kaliber Olimpiade. Demi meningkatkan skill renangnya yang sebenarnya sudah level dewa.

’’Aku memintanya untuk mengajarkan apa saja,’’ ungkap Danai Gurira, pemeran Okoye itu, dalam wawancara dengan The Cut.

’’Sebenarnya tidak perlu begitu juga sih. Tapi aku ingin mencurahkan segalanya demi film ini. Menyenangkan sekali bisa meningkatkan ayunan tanganku. Serta melihat perkembangan teknik dan kecepatanku,’’ papar dia.

Okoye, komandan pasukan khusus Dora Milaje itu, memang memiliki banyak sekali scene di dalam air. Seperti yang terlihat dalam trailer, penduduk Wakanda menghadapi ancaman serius dari Namor. Ia adalah pemimpin Talokan, suku kuno yang hidup di dasar laut. Jangankan para aktor, sutradara Black Panther: Wakanda Forever Ryan Coogler pun harus les renang agar makin lihai mengarahkan film di bawah air.

Sebenarnya, bukan hanya profesionalitas yang mendorong Danai Gurira untuk meningkatkan skill berenang. Dia sempat shocked melihat sebuah fakta terkait anak kulit hitam dan renang. Yakni, anak kulit hitam lima kali lebih mungkin mati tenggelam dibandingkan anak-anak kulit putih. Bagi masyarakat Afro-Amerika, belajar berenang bukanlah prioritas.

’’Fakta itu mengena sekali di aku. Aku jadi kepingin belajar lebih banyak soal itu. Sekaligus meningkatkan kepedulian masyarakat kulit hitam soal berenang,’’ ungkap Gurira. ’’Faktanya, warga kulit hitam jarang yang bisa berenang. Dan itu disebabkan oleh banyak faktor. Padahal, skill itu sangat penting. Anak-anak kami kehilangan nyawa ketika mereka enggak seharusnya tewas,’’ papar aktris 44 tahun tersebut.

Jangankan anak-anak dari keluarga kurang mampu. Danai Gurira melihat teman-teman dia sendiri jarang yang bisa berenang. Dia tergerak untuk melatih mereka. ’’Ya ibu-ibu dewasa seperti aku ini,’’ kata Gurira. Tidak mudah, karena mereka cenderung panik kalau masuk ke air.

Perempuan asal Iowa itu mengakui, butuh usaha keras untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya berenang di kalangan orang tua kulit hitam. ’’Buat sebagian besar orang, kalau keluarga mereka enggak bisa berenang, anak-anaknya pasti juga enggak diajari untuk berenang. Itu masalah besar. Aku benar-benar sedih,’’ tutur dia.

Semoga ketika melihat perolehan box office Wakanda Forever, Danai Gurira tidak sedih lagi. (*)

Sumber: the cut