Liga 1 Dimulai 2 Desember 2022 tapi SOP dari LIB Belum Kongkret

Liga 1 Dimulai 2 Desember 2022 tapi SOP dari LIB Belum Kongkret

Persib Bandung unggul 2-1 atas RAN Nusantara dalam lanjutan Liga 1 Indonesia, Minggu 4 September 2022.-Persib Bandung -Disway.id

PT LIB telah melakukan sosialisasi Standard Operating Procedure (SOP) dan regulasi baru untuk melanjutkan kembali Liga 1. Sosialisasi itu digelar lewat sebuah workshop itu dilakukan pada Kamis (24/11) di Hotel Sultan, Jakarta. 

 

SOP dan regulasi itu merupakan hasil kerja Satuan Tugas (Satgas) Transformasi Sepak Bola Indonesia pasca Tragedi Kanjuruhan. Namun, SOP itu masih menimbulkan berbagai pertanyaan.

 

Workshop itu sendiri diikuti oleh ketua panpel, general coordinator, medical officer, media officer, dan security officer dari setiap klub peserta Liga 1. Hasil workshop itu dirasa belum memberikan paduan konkret untuk mencegah Tragedi Kanjuruhan terulan dan hal-hal yang rawan lainnya.

 

BACA JUGA:Izin Liga 1 Tergantung Rapat Bersama Polri Selasa 29 November 2022

 

Dari SOP itu rasio polisi, stewart, dan personel keamanan belum ditetapkan. Parimeter di luar dan dalam lapangan belum secara jelas ditentukan. Padahal Liga 1 sendiri rencananya dimulai lagi pada 2 Desember 2022. Kompetisi kembali digelar dengan sistem sentralisasi (bubble) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah.

 

Direktur Operasional PT LIB Sudjarno mengatakan, rencana teknis itu akan ditentukan lagi dalam pertemuan lanjutan di Mabes Polri, Selasa (29/11). Pertemuan itu sekaligus juga menunggu izin Liga 1 keluar.

 

“Jadi kami sesuaikan dengan Perpol yang baru. Pasti dibahas secara teknis. Ini kan baru implementasinya bagaimana. Nah, itu nanti yang akan dimatangkan di pertemuan di sana (Mabes Polri),” kata Sudjarno.

 

BACA JUGA:Liga 1 Digelar Lagi, Persebaya Jalani Laga Perdana Lawan Barito Putera di Semarang

 

Sudjarno menambahkan isi peraturan baru itu sudah disesuaikan dengan regulasi FIFA. “Perpol itu sudah termasuk bagian atau kolaborasi sinergi dan sudah kesepahaman SOP polisi. Kemudian safety and regulations FIFA, AFC, dan PSSI. Semua sudah ada di perpol itu,” lanjutnya.

 

Dalam putaran pertama Liga 1 nanti, sistem bubble akan difokuskan di Jawa Tengah dan DIY. Ada empat stadion yang akan dipakai yaitu Stadion Maguwoharjo, Stadion Sultan Agung, Stadion Jatidiri, dan Stadion Moch Subroto.

 

Setelah putaran pertama selesai pada 23 Desember 2022, sistem kompetisi akan kembali ditinjau. PT LIB menargetkan bisa menggunakan format home away. Juga menjanjikan kembali menghadirkan penonton ke stadion. Di sisi lain, PSSI juga kejar tayang untuk menyelesaikan kompetisi Liga 1 pada 16 April 2023. Sebelum dimulainya Piala Dunia U-20.(Ragil Putri Irmalia)

Sumber: