Kunjungan 31 Jurnalis Lintas Benua di Taiwan: GoodBye YouBike 1.0 (11)

Kunjungan 31 Jurnalis Lintas Benua di Taiwan: GoodBye YouBike 1.0 (11)

PENGGUNA YOUBIKE 1.0 bersiap menyewa sepeda yang diparkir di tepi trotoar-Salman Muhiddin/Harian Disway-

Layanan penyewaan sepeda atau bike sharing YouBike 1.0 sudah menemani rakyat Taiwan sejak 2009. Sangat populer dan murah meriah: Rp 2.500 untuk 30 menit pertama. Sudah disewa 200 juta kali di Taipei saja. Setelah dedikasi selama 13 tahun, YouBike berwarna kuning itu dipensiunkan di ibu kota. Kapan? Besok!

Jika anda masih di Taipei, ini adalah hari-hari terakhir untuk memakai YouBike 1.0. Besok, 3 Desember 2022, pengoperasian sepeda legendaris itu dihentikan pukul 00.00 waktu Taiwan. Daerah waktunya sama dengan Waktu Indonesia Tengah (Wita).

Sepeda kuning itu banyak tersedia di berbagai sudut trotoar Taipei. Juga, di kota-kota lainnya. Saya sudah men-download aplikasinya dua hari sebelum pulang. Sudah mencoba daftar di kios pula pukul 01.00.

Sayang sekali, tidak bisa. Saya tidak punya nomor telepon Taiwan yang jadi persyaratan pendaftaran. Saya pakai kartu Simpati dengan paket internet roaming

Acara kami pada 14–18 begitu padat. Berangkat pagi, pulang larut malam. Kawan-kawan jurnalis baru dibebaskan keliling Taiwan pada 19 November 2022. 

Masalahnya, saya dapat penerbangan pagi. Pukul 05.00 sudah harus siap di lobi hotel. Beruntung sekali jurnalis yang dapat jatah pesawat malam. 

Jadi, tak ada kesempatan untuk mencoba YouBike. Saya cuma bisa menaikinya di pos penitipan sepeda. Tidak bisa jalan-jalan. Sadelnya agak keras, tapi kokoh. Bisa diatur tinggi rendahnya. Rem pakem. Speed-nya sampai 3. Baut-bautnya juga tak ada yang kendur.

Saya sempat ngobrol dengan perwakilan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Taiwan Victor Yang yang bertugas menemani 31 jurnalis internasional. Kami membahas YouBike di belakang Howard Hotel. Hotel bintang lima di pusat kota Taipei tempat kami menginap. ”Kami biasa pakai YouBike. Mudah dan sangat murah,” ungkapnya.


PUKUL SATU dini hari, masih ada yang pakai YouBike 1.0 di pusat kota Taipei, 16 November 2022.-Salman Muhiddin/Harian Disway-

Harga 30 menit pertama cuma 5 dolar Taiwan. Alias cuma Rp 2.500. Tarifnya jadi Rp 5 ribu untuk 4 jam berikutnya. Setelah lebih dari 8 jam, kita cuma perlu bayar Rp 20 ribu.

Sepeda bisa dibawa ke mana saja. Boleh dibawa mampir pulang, ke taman, atau pergi kerja. Setelah selesai, sepeda tinggal dikembalikan ke pos penitipan yang lokasinya bisa dilihat di peta aplikasi YouBike 1.0.

Di Surabaya juga pernah ada layanan bike sharing. Migo namanya. Namun, lambat laun jumlah sepedanya berkurang dan sekarang di penghujung 2022 sepeda hijau itu hilang. 

Saya pernah melihat sepeda itu di Surabaya Utara. Dipakai anak-anak kecil sampai ke area Pelabuhan Tanjung Perak. Banyak spare part-nya yang sudah dipereteli. Diduga keras sepeda itu sudah dicuri.

Victor agak kaget mendengarkan kisah itu. Sebab, sejak awal peluncuran YouBike, mereka tak pernah mengalami persoalan tersebut. 

Sepeda YouBike dirawat dan diawasi setiap waktu. Selain servis rutin, ada petugas khusus yang membersihkan sepeda-sepeda itu sehingga tetap kinclong.

Jalan khusus sepeda di Taipei juga sangat aman. Letaknya ada di trotoar, terpisah dengan jalan aspal. Pesepeda tak perlu khawatir diseruduk mobil atau sepeda motor. Ketika saya jalan-jalan hingga dini hari, pukul 02.00, masih banyak yang pakai sepeda itu.


JALUR KHUSUS sepeda di Taipei menyatu dengan jalur pedestrian. Pesepeda lebih aman dan nyaman.-Salman Muhiddin/Harian Disway-

YouBike generasi pertama bakal digantikan YouBike 2.0. Menurut statistik Pemkot Taipei, proporsi penggunaan YouBike 2.0 telah mencapai angka 91,5 persen. Sedangkan proporsi penggunaan YouBike 1.0 hanya tersisa sekitar 8,5 persen.

Biro Perhubungan Kota Taipei mengingatkan warga Kota Taipei untuk segera mengembalikan YouBike 1.0 ke stasiun-stasiun yang ada. Warga yang terlambat harus mengembalikannya di pos sepeda di luar Taipei.

YouBike 2.0 memiliki sistem lebih simpel untuk mempermudah pemerintah memperluas pelayanan. Pos sepedanya memiliki panel surya dan sensor kartu yang memungkinkan pengguna untuk memakai EasyCard. Ada pula barcode yang bisa dipindai dengan ponsel.


GENERASI KEDUA YouBike Taiwan berwarna oranye. Menggantikan generasi pertama yang berwarna kuning.-Salman Muhiddin/Harian Disway-

Sistem lama harus diganti karena membeludaknya permintaan pos baru di berbagai wilayah. Kalau sistem dipertahankan, pemerintah harus memasang kabel ke pos-pos itu dalam jumlah berlebihan. 

Pos YouBike 2.0 tidak memerlukan sistem elektrifikasi berlebihan karena sudah punya panel surya itu. Ruang yang dibutuhkan juga lebih sedikit. Jarak antarsepeda di pos bisa lebih dempet.

Rupanya penggunaan sepeda itu juga menjadi daya tarik wisata tersendiri. Banyak turis yang ingin mencoba sepeda tersebut.

Taiwan juga memiliki geografis pegunungan yang menantang untuk para pesepeda. Jalanan mulusnya menembus hutan lebat dan pegunungan terjal. Lebih dari 60 persen wilayah Taiwan memang masih sangat asri. Termasuk di Taipei, kawasan terpadat.

Jalur khusus sepeda di Taiwan membentang hingga 5.000 kilometer. Jika Anda tidak ingin repot membawa sepeda sendiri, ada banyak persewaan sepeda selain YouBike. 

Mudah-mudahan jika ke Taiwan lagi, saya bisa keliling pakai sepeda. Tolong diaminkan. Hehehe. (Salman Muhiddin)

 

Mampir ke Taipei 101, BACA BESOK!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: