Sanjung Kerja Keras Seluruh OPD, Gus Ipul Bangga dengan kenaikan Nilai SAKIP Kota Pasuruan

Sanjung Kerja Keras Seluruh OPD, Gus Ipul Bangga dengan kenaikan Nilai SAKIP Kota Pasuruan

WALI KOTA Pasuruan Saifullah Yusuf, Wawali Pasuruan Adi Wibowo, Kepala Dinas Kominfo, dan Kabag Organisasi Pemkot Pasuruan. -istimewa-

PASURUAN, HARIAN DISWAY - Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan berbangga setelah meraih penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Penghargaan itu adalah Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2022 dengan nilai BB, naik dari tahun sebelumnya yang meraih hanya nilai B.

Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menerima langsung penghargaan bergengsi tersebut di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa, 6 Desember 2022. 

Bukan hal yang mudah meraih nilai B menjadi BB. Gus Ipul mengatakan, itu merupakan kerja keras bersama untuk membenahi kinerja seluruh perangkat daerah Kota Pasuruan. 

Orang nomor satu di Kota Pasuruan itu menegaskan, tidak gampang menata dan melakukan perbaikan supaya nilai SAKIP Kota Pasuruan naik. 

”Kota Pasuruan berusaha menaikkan itu (nilai SAKIP) dengan penuh perjuangan. Jadi, ini kerja keras bareng-bareng karena indikator (penilaian) banyak dan melibatkan begitu banyak organisasi perangkat daerah (OPD),” kata Gus Ipul kepada wartawan.

Menurut Gus Ipul, setiap OPD harus bekerja berdasar RPJMD dan indikator-indikator utama. 

”Jadi, di setiap kegiatan itu memang diukur mulai dari perencanaannya sampai pelaksanaannya, sampai juga monitoring, evaluasinya. Termasuk standar-standar pelaporannya harus terpenuhi,” jelas Gus Ipul. 

Tahun depan, Gus Ipul menargetkan, Pemkot Pasuruan harus meraih nilai SAKIP A. 

”Sekarang kami berjuang dari B menuju A. Tetap kerja keras, harus semangat kerja keras,” ujar mantan wakil gubernur Jawa Timur dua periode itu. (*)

 

Sumber: