Latihan Menyelam Tingkatkan Keahlian Prajurit TNI-AL

Latihan Menyelam Tingkatkan Keahlian Prajurit TNI-AL

PRAJURIT Koarmada II melakukan latihan penyelaman.-Penerangan Koarmada II-

SURABAYA, HARIAN DISWAY- DINAS Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Koarmada II ingin meningkatkan kemampuan prajurit penyelam mereka. Karena itu, mereka melakukan latihan penyelaman dalam dengan media pernapasan campuran (mix gas).

Latihan itu dilaksanakan mulai 21 November sampai 15 Desember 2022 di Basis Dislambair Koarmada II dan perairan Pasir Putih, Situbondo.

Kepala Dislambair Koarmada II Kolonel Laut (T) Yudha Pia R. mengatakan, latihan penyelaman itu dilakukan di kedalaman lebih dari 140 feet (42 meter).

Penyelaman mix gas (heliox) adalah salah satu teknik penyelaman dalam (lebih dari 100 feet) untuk meningkatkan keamanan. Tidak adanya risiko keracunan nitrogen dan oksigen yang membahayakan penyelam pada saat melaksanakan operasi atau kerja penyelaman.

Latihan itu menggunakan jenis alat penyelaman dalam (deep dive) MK-SSBA (surface supplied breathing apparatus).

”Materi yang dilaksanakan, antara lain, penyelaman di kedalaman 150 feet (44 meter), melaksanakan underwater cutting dan welding, serta underwater search and recovery. Mereka menggunakan side scan sonar, pengangkatan objek tenggelam menggunakan air lifting bag, serta penanganan kedaruratan penyelaman,” kata Kolonel Laut (T) Yudha, Sabtu, 10 Desember 2022.

Latihan penyelaman mix gas merupakan perintah Panglima Koarmada II Laksda TNI T.S.N.B. Hutabarat yang merupakan implementasi dari program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono yang kini menjabat panglima TNI dalam membangun SDM TNI-AL yang unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: