Usai Mandalika, Kini Giliran Danau Toba Jadi Tuan Rumah F1 Powerboat

 Usai Mandalika, Kini Giliran Danau Toba Jadi Tuan Rumah F1 Powerboat

Ilustrasi Ajang Perlombaan Powerboat di Danau Toba.-otorita.danautoba-Youtube otorita.danautoba

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Indonesia akan menjadi tuan rumah dari kejuaraan Dunia F1 Powerboat di Danau Toba, Sumatera Utara, 24-26 Februari 2023.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali berharap kesempatan itu akan jadi pemicu bangkitnya atlet-atlet balap olahraga air Indonesia. 

"Mudah-mudahan setelah kita menjadi tuan rumah ini, kita bisa memunculkan atlet-atlet kita. Dan ini informasinya yang akan turun adalah pembalap top F1 Powerboat dunia," ucap Menpora Amali, Selasa 10 Januari 2023. Ia menginginkan Indonesia juga ikut bagian dalam kompetisi setelah acara ini sukses terlaksana. 

F1 Powerboat adalah Kejuaraan Dunia balap perahu motor. Akrab disebut Powerboat, ajang ini  diselenggarakan oleh Union Internationale Motonautique. Disponsori oleh H2O. Musim pertama Kejuaraan Dunia ini dimulai pada 1981.

Kejuaraan ini merupakan kelas tertinggi dari perlombaan Powerboat yang menyandang nama Formula One (F1) seperti layaknya perlombaan balap mobil.

"Kebetulan ini adalah olahraga baru bagi kita dan kebetulan juga mendapatkan kepercayaan untuk menjadi tuan rumah dari federasi internasionalnya," ucap menpora.

"Semoga pelaksanaan ini bisa menjadi trigger bangkitnya animo dari para pembalap-pembalap F1 Powerboat kita," tambahnya.

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara juga menyiapkan diri.

"Persiapan dari tuan rumah khususnya Sumatera Utara lebih khusus lagi daerah sekitar Danau Toba sudah berjalan dan sudah siap, saya sebagai ketua panitia hanya mengkoordinasikan saja apa yang akan dilakukan oleh kementerian/lembaga," terangnya mengenai kesiapan venue.

Ia menambahkan bahwa akan ada rapat langsung di lokasi, sehingga tahu titik mana saja yang menjadi venue utama dan tempat penonton. (Fidelis Daniel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id