Sulitnya Menentukan Cawapres Anies di Koalisi Nasdem, Demokrat, dan PKS

Sulitnya Menentukan Cawapres Anies di Koalisi Nasdem, Demokrat, dan PKS

Bacapres Anies Baswedan berorasi di antara puluhan ribu lautan manusia di Pangkep, Sulsel, Minggu 11 Desember 2022.-Dok Pribadi Anies Baswedan-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Koalisi Nasdem, PKS dan Demokrat bisa bubar. Pernyataan itu disampaikan Wakil Ketua Umum Nasdem Ahmad terkait nama calon wakil presiden yang akan mendampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024.

 

Ali menegaskan koalisi harus terwujud tanpa adanya persyaratan dari partai manapun. Termasuk partainya sendiri, Nasdem.

 

"Lebih cepat lebih baik. Tapi yang masalah bukan Partai NasDem yang masalahnya kita kemudian ingin deklarasi bersama tapi memberikan syarat itulah yang sulit," kata Ahmad Ali seperti dikutip dari Merdeka, Rabu 11 Januari 2023.

 

Karena itulah sampai sekarang deklarasi bersama belum dilakukan. Baru Nasdem yang secara resmi mengumumkan akan merekom Anies di Pilpres nantinya. 

 

"Yang mau ditegaskan kalau kemudian ada partai yang memaksakan keinginannya untuk memaksakan kadernya untuk menjadi syarat berkoalisi saya pastikan koalisi bubar," tegasnya.

 

"Kalau kita misal NasDem meletakan sosok lalu gimana PKS dan Demokrat begitu sebaliknya artinya koalisi tidak setara lagi," lanjut Ahmad Ali.

 


Anies Basewedan menyambut dan menjamu pimpinan Partai NasDem, PKS dan Demokrat makan siang dan diskusi.-Twitter/@aniesbaswedan -Disway.id

 

Pernyataan itu keluar setelah menginginkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) jadi cawapres dalam koalisi tersebut.

 

Sebelumnya, Ketua Badan Pembinaan Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) DPP Partai Demokrat (PD), Herman Khaeron menilai AHY adalah sosok yang paling pas mendampingi Anies.

 

Pernyataan itu disampaikan di Rapat Pleno Pembentukan DPAC se-Kabupaten Indramayu.

 

"Tentu kami sangat berharap, kalau memang ingin menang ya tentunya Calon Wakil Presidennya adalah Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY," ujar dia.

 

Katanya, AHY punya elektabilitas tinggi. Putra Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono itu juga dianggap mewakili representasi anak muda atau millenial. Semua itu dilandasi atas hasil survei setahun belakangan. 

 

Ali mengatakan, sosok cawapres bakal sangat menentukan hasil Pilpres 2024 nanti. 


Momen Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bertemu dengan Surya Paloh saat hadiri acara hari Ultah Golkar yang ke-55 di Hotel Sultan, Selasa 6 November 2019.-Twitter/@YanHarahap-Disway.id

 

Kendati begitu, ia mengatakan Ketum Demokrat AHY memberikan arahan agar semua aspek dibicarakan bersama dengan partai koalisi nantinya. Termasuk soal cawapres.

 

"Kita masih punya cukup waktu untuk membicarakan hal itu. Dan oleh karenanya, sekarang ini kita masih merencanakan hal-hal yang lebih krusial dahulu," ujar Ali. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: