Cara Membedakan Skincare Palsu Implora yang Diungkap Polda Jatim

Cara Membedakan Skincare Palsu Implora yang Diungkap Polda Jatim

Label kosmetik palsu-Subdit Indagsi Polda Jatim-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Subdit I Indagsi Ditreskrimsus Polda Jatim, membongkar peredaran kosmetik dan skin care palsu, 24 November 2022 lalu. Pemasarannya dilakukan melalui e-commerce Shopee. Tersangka SS (31) dan RGS (32) mengaku belajar dari Internet untuk membuat produk tembakan itu.

Kasubdit I Indagsi Ditreskrimsus Polda Jatim, AKBP Oki Ahadian Purwono menerangkan pelaku mempelajari pembuatan kosmetik melalui video tutorial yang didapat dari internet. Bahan-bahan dibeli di toko kimia. 

Mereka mendapatkan botol dari merek terkenal dari market place. Termasuk stiker logo dengan kemiripan nyaris 100 persen. 

"Mereka memproduksi kosmetik merek Implora yang diduga hasil tindak pidana merek tanpa seizin pemegang merek dan menggunakan izin edar milik PT Implora Sukses Abadi," kata Oki.

BACA JUGA:Polda Jatim Tangkap Pemilik Industri Skin Care Abal-Abal di Shopee, Hati-Hati Kejebak Diskon

BACA JUGA:Mobil Dinas DPRD Jambi Tabrakan Bawa Penumpang Tanpa Busana, Ini Identitas Pelakunya


Alat Pembuat kosmetik palsu-Subdit Indagsi Polda Jatim-

Mereka membuat serum anti jerawat dan pencerah wajah sejak 2022. Oki mengatakan kemasan yang dijual nyaris sama dengan produk Implora. Namun, jika diteliti lebih jeli, ada sejumlah perbedaan yang bisa ditemukan.

Misalnya tulisan luminos brightening serum pada botol skincare palsu. Di produk aslinya tertulis: luminous brightening serum. Beda satu huruf.

Kemasan kardus skincare palsu juga dicetak asal-asalan. Jika disandingkan dengan kotak yang asli, maka terlihat jelas bedanya. Masalahnya, masyarakat terkadang tak memiliki barang pembanding itu sehingga dengan mudah tertipu.

"Perbedaan lainnya yang bisa ditemukan adalah penambahan titik pada kalimat 20 ml/0.68 fl.oz. Tulisan pada kemasan produk yang asli adalah fl oz," ujar mantan Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim itu. 

BACA JUGA:Ujian Aji Santoso Datang Lagi

BACA JUGA:Breaking News! Juventus Terancam ke Seri B, Resmi Dituntut Pengurangan 20 Poin


Tersangka penjual kosmetik palsu-Subdit Indagsi Polda Jatim-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: