Finalis Puteri Indonesia Jawa Timur 2023 Renata Wardhani: Menulis untuk Membantu Anak-anak

Finalis Puteri Indonesia Jawa Timur 2023 Renata Wardhani: Menulis untuk Membantu Anak-anak

--

Finalis Puteri Indonesia Jawa Timur 2023 asal Surabaya Renata Wardhani, adalah penulis yang telah menerbitkan buku. Ditulis berdasarkan kisah orang-orang di sekitarnya. Apa hubungan antara menjadi penulis dengan niatan Renata mengikuti ajang Puteri Indonesia ya?

Gadis berumur 24 tahun ini lulusan bidang bisnis di Emporia State University, Kansas, Amerika Serikat pada Desember 2020 lalu. Tapi ketertarikan dan passion-nya malah di bidang menulis. Maklum Renata memulai karier sebagai penulis sejak belia. Saat dia menekuni hobi menulis kala umur 8 tahun.

Usia yang tergolong muda sebagai penulis. Namun, dia sudah memiliki pemikiran yang kreatif saat itu. Saat berkesempatan menulis artikel di local magazine di Surabaya, kemampuan Renata semula hanya bisa menulis satu halaman saja. Tapi tulisannya mendapat respons positif dari pembaca.

Itulah yang membuat Renata semangat untuk melahirkan karya. Hingga lahirlah buku pertamanya semasa kuliah dengan judul Inside The Heart You Thought You Knew yang bergenre sad romance. Buku inilah yang menjadi awal perjalanan karier Renata untuk sampai ke penerbitan buku lainnya.

Tak hanya menulis buku, wanita berzodiak Cancer ini semasa menempuh di SMA Negeri 3 Surabaya juga  aktif mengikuti kegiatan modelling. Dia bahkan serius menekuninya dengan tercatat sebagai model di sebuah model management di Surabaya, R2M.

Menurutnya, profesi model itu sangat cocok untuknya karena didukung dengan tinggi badan yang semampai setinggi 170 cm. Hal inilah yang menjadi poin tambahan untuk berani berlaga di ajang Puteri Indonesia Jawa Timur 2023. Karena tinggi badannya yang di atas rata-rata itulah, Renata dulu juga aktif dalam kegiatan ekstra kurikuler basket di sekolah.

Lulus dari SMA, Renata kuliah ke luar negeri, Pilihan itu bukan semata ingin gengsi bisa menempuh pendidikan di negeri Paman Sam. Namu, Renata ingin melatih kemandiriannya. Ditambah dengan didikan kedua orang tuanya yang tegas. Mereka mau dia tumbuh sebagai anak tunggal yang mandiri dan tidak bergantung dengan orang lain, Karena itulah Renata merasa menjadi pribadi yang berpikiran kritis dan selalu berkembang.

Selama di negeri orang lain, saat waktu luang, Renata mengikuti kegiatan organisasi sosial di lingkungannya. Kerap dia mengunjungi rumah panti jompo. "Ada yang berkesan. Karena sering mengirim hadiah kepada para orang tua di panti jompo itu, seperti ada perasaan hangat dan lembut yang tersalurkan dalam diri saya," katanya.

Peduli dengan sesama memang tabiat Renata. Saat masa-masa sulit Covid-19 yang masih merebak di berbagai belahan dunia, khususnya perang Rusia melawan Ukraina, hati Renata pun tergerak untuk membantu. Khususnya anak-anak yang menjadi korban atas peperangan itu.

Melalui project bersama UNICEF, lahirlah dua buku anak-anak berjudul A Little Boy & A Stray Cat’ dan ‘Tina The Tiger. Jika sebelumnya dicetak dengan paper book, akan launching format e-book-nya minggu ini. "Royalti penjualan buku itu seratus persen saya donasikan ke UNICEF untuk membantu anak-anak di 190 negara termasuk Indonesia," ungkapnya.

Pada 2022 lalu, Renata pulang kampung ke Surabaya. Sejak itu dia langsung mantap memilih kariernya lagi sebagai model. Diawali dengan mengikuti pemilihan Puteri Indonesia 2023. Dia melakukannya atas rekomendasi dari manager agensi modelnya dulu sejak 2017. Semasa masih berkuliah. "Ada alasan mengapa saya ikut. Tak lain agar saya bisa membuka platform untuk menyampaikan isi pikiran saya,’’ ucap gaduis kelahiran Juli itu.


Renata Wardhani, finalis Puteri Indonesia Jawa Timur 2023 sedang mengikuti masa pra karantina pada tanggal 27-28 Januari 2023-Instagram-@puteriindonesiajatim

Yang pasti besarnya dukungan dari keluarga terutama orang tua membuat Renata bisa melangkah sejauh ini. Hingga dia sukses melalui tahap semifinalis yang dilakukan secara tiga tahap penilaian yakni; education, wawasan general, catwalk, mengukur tinggi badan dan berat badan, tes psikologi dengan diberi sebuah kasus lalu didiskusikan bersama finalis lainnya. 

Pada 27 dan 28 Januari 2023 lalu, telah dilaluinya masa pra-karantina yang diisi dengan malam bakat dan outbond, Setelah menyelesaikan karantina hingga 8 Februari lalu, akhirnya Renata terpilih sebagai 12 finalis yang akan menuju grand final pada 11 Februari 2023 nanti. "Persiapanku buat besok terutama fisik yang stabil dengan tidur yang cukup, minum vitamin, dan olahraga. Karena kalau sudah drop pasti performance yang lain bakal hancur.’’ tuturnya.


Renata Wardhani, finalis Puteri Indonesia Jawa Timur 2023 sedang mengikuti malam bakat pada pra karantina-Instagram-@puteriindonesiajatim

Renata berharap dia bisa mewakili dan mempresentasikan Jawa Timur dengan lebih baik. Dia yakin segala usaha yang diniati dengan baik dan ketulusan hati akan membawa pada kesuksesan, "Semoga Jatim bisa punya puteri yang baik dan paling pantas untuk menyandang gelar ini, Semua teman-teman punya kelebihan dan kekurangan. Semua cuma bisa berusaha," katanya. (Yulita Intania Putri Herawati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: