Tsamara Amany: Childfree Bukanlah Variabel Mutlak Awet Muda

Tsamara Amany: Childfree Bukanlah Variabel Mutlak Awet Muda

Tsamara Amany Alatas --Instagram/@tsamaradki

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Ribut-ribut soal pernyataan influencer Gita Savitri Dewi alias Gitasav makin meluas. Pernyataannya kasarnya pada 8 Februari 2023 dan soal Childfree bikin awet muda jadi bahan pertimbangan.

Katanya, dia awet muda secara alami karena memutuskan tidak memiliki anak. Kamu juga bisa tidur 8 jam tanpa mendengar teriakan anak kecil. Pun ketika menua, kamu memiliki banyak uang untuk botox.

Kalimat-kalimat tersebut ia tujukan ketika menjawab salah satu pertanyaan netizen pada postingan Instagramnya.

Sontak saja, hal ini menuai tak sedikit kontra dari para netizen. Hal ini dinilai karena tidak ada korelasi antara awet muda dan tidak memiliki anak. Pun belum ada penelitian yang mengatakan bahwa salah satu cara awet muda adalah dengan tidak memiliki anak.

BACA JUGA:Awet Muda Ala Gitasav yang Viral: Childfree!

BACA JUGA:Aremanita Bersaksi di Sidang Tragedi Kanjuruhan: Bahkan ada Batu, Kayu dan Kursi yang Dilemparkan

 

Politikus DKI Jakarta, Tsamara Amany menulis dalam halaman twitter-nya. Bahwa kunci dari perempuan awet muda bukan childfree, tapi punya uang yang cukup untuk bisa merawat tubuh.

“Kenapa saya bilang gini? Dengan uang cukup, seseorang bisa punya babysitter dan support system untuk mengurus anak. Juga punya uang sisa lagi untuk mengurus tubuh dengan skincare misalnya. Variabelnya bukan punya anak atau gak. Tapi uangnya cukup gak?”, tulis perempuan 26 tahun tersebut dalam postingan twitter selanjutnya.

Barangkali childfree memang bisa membuat seseorang tampak terlihat muda. Lalu, apakah itu adalah satu-satunya jalan agar terhindar dari penuaan? 

“Awet muda adalah tampak bahagia, lebih ceria, lebih semangat. Kulit pun akan menggambarkan seperti itu”, ujar Dr. Yovi Yoanita seperti dikutip dalam Youtube CNN Indonesia.

Ketika malam hari, perbaikan kulit dan tubuh terjadi lebih cepat. Perbaikan ini umumnya berkisar antara pukul 23.00 hingga 03.00-04.00. 

Setiap orang akan memiliki kecepatan perbaikan yang berbeda-beda. Tergantung pada keadaan hormon masing-masing. Jika memiliki hormon stres yang tinggi, maka perbaikannya bisa melambat. 

Penting untuk memiliki kualitas tidur yang baik. Bukan hanya sekedar memiliki jam tidur yang cukup, tetapi juga perlu memiliki hormon-hormon positif ketika tidur. Seperti merasa bahagia ketika tidur. Pun juga pola pikir yang tenang hingga mindset positif. Hal ini bisa dituai dari kegiatan sehari-hari atau melakukan hobi di sela-sela kesibukan agar hormon bahagia bisa meningkat. 

Praktisi anti aging tersebut juga menambahkan bahwa menggunakan skincare juga bisa menghindari penuaan dini. Seperti krim pelembab anti aging, pemutih, pencerah, hingga moisturizer. Tentunya dengan mencuci muka terlebih dahulu sebelum tidur.

BACA JUGA:Susul Kyrie Irving, Kevin Durant Resmi Hengkang dari Nets: Phoenix Suns Bertabur Bintang

BACA JUGA:Anggota Densus 88 Merampok?

“Pemilihan krim tersebut bisa disesuaikan dengan umur, kondisi kulit, atau konsultasi ke yang lebih ahli. Jika sensitif terhadap produk-produk kimia, bisa menggunakan yang lebih organik. Bikin masker dari bengkoang, madu, telur”, tambahnya.

Selain itu, mengonsumsi air putih yang cukup juga bisa menghindari penuaan dini. Pun makan makanan yang sehat. Tak lupa olahraga rutin setidaknya seminggu dua hingga tiga kali. Dengan olahraga rutin, maka hormon senang dalam diri seseorang akan meningkat.

 “Kalau soal childfree mengurangi beban dan stress, itu sesuatu yang relatif dan setiap orang berhak memilih. Ada yang ketemu anaknya malah de-stressing. Ada yang mungkin anggap beban. Jadi intinya, childfree nggak bisa dijadikan variabel mutlak untuk membuat seseorang lebih awet muda”, tambah Tsamara, mantan politisi PSI itu. (Umaimah ‘Iffat)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: