Memasuki Era Digital Kependudukan, Gus Ipul Menargetkan Tahun Ini Tercapai 25 Persen IKD

Memasuki Era Digital Kependudukan, Gus Ipul Menargetkan Tahun Ini Tercapai 25 Persen IKD

GUS IPUL menargetkan Kota Pasuruan mencapai 25 persen raihan IKD. -istimewa-

PASURUAN, HARIAN DISWAY - Wali Kota PASURUAN Saifullah Yusuf atau Gus Ipul menargetkan tuntas identitas kependudukan digital (IKD) 25 persen di tahun 2023 ini. Era digital di bidang kependudukan itu memerlukan kerja sama semua pihak supaya masyarakat ikut memahami apa itu IKD

”Saya mengajak semua stakeholder untuk sadar administrasi kependudukan yang sekarang ini kita sudah menggunakan identitas kependudukan digital. Melalui tuntas IKD ini, diharapkan masyarakat Kota Pasuruan memiliki KTP. Tahun 2023 ini kami targetkan tuntas IKD 25 persen,” kata Gus Ipul dalam pembukaan Gerakan Sadar Adminduk Digitalisasi Menuju IKD, Rabu, 22 Februari 2023. 

Gus Ipul menilai, gerakan sadar adminduk itu tidak cukup mengandalkan sumber daya dari pemerintahan. Namun, gerakan itu juga dilakukan sebagai gerakan bersama santara pemerintah dan masyarakat untuk sadar adminduk. 

”Jika mengandalkan sumber daya yang dimiliki pemerintah, tidak akan mencukupi, baik itu dari sisi anggaran maupun dari sisi SDM,” jelas Gus Ipul. 

Gus Ipul juga menyampaikan, dalam pencapaian target IKD tahun 2023 sebesar 25 persen, perlu ada kerja sama dan koordinasi yang baik serta komitmen bersama seluruh stakeholder. 

Selain itu, Gus Ipul menjelaskan bahwa untuk saat ini kelurahan sudah dapat memberikan layanan IKD secara langsung tanpa ke dukcapil. Itu akan makin memudahkan dalam pencapaian target IKD.

”Apalagi, sekarang dengan adanya fasilitasi/link IKD dari dukcapil sangat mempermudah kelurahan sehingga insya Allah target IKD tahun 2023 sejumlah 25 persen bisa tercapai,” ujarnya.

Gus Ipul berharap agar seluruh peserta dapat mengikuti sosialisasi adminduk dan berkomitmen untuk mengimplementasikan IKD tahun 2023 dengan target 25 persen. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: