Harry Styles Meminum Air Lewat Sepatu di Konser di Australia, Apa Itu Tradisi Shoey?

Harry Styles Meminum Air Lewat Sepatu di Konser di Australia, Apa Itu Tradisi Shoey?

Harry melakukan tradisi shoey saat konser di Australia-Twitter-@kayaandharry

AUSTRALIA, HARIAN DISWAY - Harry Styles bikin heboh saat konser di Australia, 20 Februari 2023. Dalam video yang beredar, nampak Harry Styles meminum air dari sepatunya.

Hal itu justru didukung oleh penggemar Australia. Jadi kegiatan macam apa ini? Apakah sebuah tradisi?

Penyanyi, penulis lagu, sekaligus aktor kebangsaan Inggris yakni Harry Edward Styles yang kita kenal akrab dengan Harry Styles.

Pada Senin, 20 Februari 2023 lalu telah melangsungkan konsernya bertajuk Love On Tour di Australia.

Harry membuat konser saat itu menjadi berbeda dengan melakukan aksi meminum air dari sepatunya. Sontak hal tersebut membuat banyak penggemar dari manca negara yang melihat aksi Harry melalui videonya yang viral di banyak sosial media itu merasa jijik.

BACA JUGA:Harry Styles Borong 4 Penghargaan Brit Awards 2023

BACA JUGA:Horeee! Marselino Ferdinan Masuk Line Up KMSK Deinze vs Jong Genk

Bukan karena melakukan hal gila, justru Harry melakukan aksi tersebut untuk menghormati tradisi yang ada di Australia, bernama shoey.

Melalui video singkat yang diunggah di YouTube Shorts oleh 7NEWS Australia terlihat mantan personil One Direction itu mengangkat sepatu Adidas Gazelle X Gucci yang dipakainya manggung lalu ia pergi ke belakang untuk mengambil air kemudian dituangkannya air ke dalam sepatu miliknya.

Sebelum meminumnya, Harry sempat berkata ‘’Ini adalah salah satu tradisi paling menjijikkan yang pernah saya dengar.’’ Aksi Harry telah ditonton sebanyak 30 ribu orang di Stadion Perth, Australia. Sembari Harry meminumnya, penonton juga menyoraki dengan ‘Shoey, shoey, shoey.’’

Setelah itu Harry benar-benar meminum air di dalam sepatunya sampai habis lalu sepatu tersebut ia kenakan kembali.

‘’Saya merasa menjadi berbeda, saya sampai malu dengan diriku sendiri.’’ Ucapnya setelah meminum air dari sepatunya sambil menggelengkan kepala.

Tidak hanya Harry yang melakukan tradisi ini, tetapi bintang lain seperti; Pembalap F1 Sir Lewis Hamilton, aktor Sir Patrick Stewart dan banyak musisi, termasuk rapper Post Malone, Machine Gun Kelly dan penyanyi Country Kasey Musgraves juga pernah melakukan tradisi ini karena didesak oleh penggemar.


Potret Harry Styles menggelar konser di Australia-Hasil screenshot-Instagram @harrystyles

Sayangnya tradisi itu menjadi kontroversi di kalangan penduduk Australia asli. Sebagian orang menganggapnya menjijikkan.

Namun, sebagian penduduk lain juga menganggap tradisi shoey ini sebagai kesenangan dan tidak merugikan pihak siapa pun. Biarlah menjadi budaya Australia yang menyukai humor yang mencela diri sendiri, serta mencerminkan rasa egalitarianisme.

Tradisi shoey sebenarnya adalah kegiatan meminum alkohol melalui sepatu, sejarah terbentuknya tradisi ini masih simpang siur sehingga tidak ada cerita pasti kapan sejarah ini dibentuk dimana dan oleh siapa.

Namun, ada desas-desus bahwa tantara perang melakukan shoey selama perang dunia. Begitu pula dengan bintang balet di masa lalu.

BACA JUGA:Pengambil Video Temani Mario di Penjara

BACA JUGA:Marcelo Pulang ke Klub Masa Kecil: Fluminense

Namun, melalui foto yang beredar dan ditemukan oleh Giuffre nampak aktris asal Amerika Serikat yakni Tallulah Bankhead pada 1951 melakukan kegiatan memasukan sampanye ke dalam sepatu haknya dan disaksikan oleh orang-orang memakai jas sembari tersenyum, dirinya melakukan kegiatan itu di hotel Ritz, London.

"Tapi apa yang dimulai sebagai tontonan kemewahan itu kini telah berkembang menjadi sesuatu yang konyol di Australia,’’ kata Giuffre.

Bagaimana menurut Anda? Apakah tradisi ini konyol atau sebagai bentuk kesenangan saja? Apakah Anda tertarik mencoba tradisi ini ketika berlibur ke Australia? (Yulita Intania Putri Herawati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bbc.indonesia