Enam Bakal Calon DPD dari Jatim Lolos Verifikasi Faktual Pertama

Enam Bakal Calon DPD dari Jatim Lolos Verifikasi Faktual Pertama

TIM Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim setelah melakukan verifikasi kemarin.- Humas KPU Jatim-

SURABAYA, HARIAN DISWAY- KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Jatim masih memverifikasi faktual dukungan bakal calon (bacalon) DPD RI. Ada 20 bacalon yang melakukan perbaikan dukungan. Namun, hanya enam orang yang dinyatakan telah memenuhi syarat (MS). Sisanya tidak memenuhi syarat (TMS).

Status tersebut diketahui dari hasil rekapitulasi verifikasi faktual kesatu, pencalonan perseorangan anggota DPD pada Pemilu 2024 tingkat Provinsi Jawa Timur. Rekapitulasi itu berlangsung pukul 10.00 hingga 15.00 di Hotel Platinum, Surabaya. 

Proses rekapitulasi dilakukan dengan membacakan berita acara hasil verifikasi faktual dukungan, bacalon dari setiap kabupaten/kota oleh masing-masing KPU kabupaten/kota secara bergantian.

Lima komisioner KPU Jatim yang hadir secara bergantian memimpin proses pembacaan sampai selesai. Dengan demikian, diketahui berapa jumlah sampel dukungan yang diverifikasi, pernyataan MS atau TMS. Juga, jumlah proyeksi MS dan proyeksi sebaran dukungan yang MS. 

Anggota KPU Jatim Divisi Teknis Penyelenggaraan Insan Qoriawan mengatakan, proses verifikasi faktual merupakan rangkaian tahapan yang harus dilalui. ”Agar dapat mencalonkan diri pada pencalonan perseorangan anggota DPD pada Pemilu 2024,” kata Insan, Rabu, 1 Maret 2023. 

Dari hasil verifikasi itu, status dukungan dan sebaran enam bacalon dinyatakan MS pada tahapan verifikasi faktual kesatu tersebut. Mereka tidak perlu melakukan perbaikan. Hanya menunggu penetapan pemenuhan syarat dukungan minimal pemilih pada April. 

Sedangkan terhadap 14 bacalon lainnya yang berstatus TMS, KPU masih memberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan. ”Sesuai dengan waktu yang telah dijadwalkan,” ujar mantan anggota KPU Pasuruan tersebut. 

Masa penyerahan dukungan minimal pemilih perbaikan kedua sesuai dengan Peraturan KPU 10/2022 tentang Pencalonan Perseorangan Anggota DPD dilaksanakan selama sepuluh hari. Mulai 2 sampai 11 Maret 2023 melalui sistem informasi pencalonan (silon). 

Selanjutnya, dukungan perbaikan kedua akan dilakukan verifikasi administrasi pada 12 sampai 21 Maret 2023. Diteruskan dengan verifikasi faktual kedua pada 26 Maret hingga 8 April 2023. 

Dari 14 nama yang dinyatakan TMS, terdapat nama keponakan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Dia adalah Lia Istifhama. Perempuan kelahiran 1984 itu merupakan anak Aisyah, kakak kandung Khofifah.

Lia mengungkapkan, sebanyak 1.583 dukungannyi dinyatakan MS. Namun, untuk masa perbaikan ini, dia sudah menyiapkan 5 ribu dukungan lagi. ”Kami sudah menyiapkan data untuk perbaikan. Tapi, nanti kami periksa kembali,” ucapnyi.

Dia mengaku kewalahan dalam memenuhi kebutuhan dukungan yang disyaratkan. Sebab, ini merupakan kali pertama dirinyi terjun di dunia politik. ”Semua kami masih pelajari. Jadi, masih banyak yang berantakan,” tambahnyi. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: