Patera.co, Lebih dari Sekadar Coffee Shop

Patera.co, Lebih dari Sekadar Coffee Shop

Bagian outdoor Patera.co-Erni Prasetyo-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - “Anak sulung yang senantiasa mempunyai tekad untuk memberikan manfaat di sekitarnya.” Itulah kalimat pertama yang akan Anda jumpai ketika bertandang ke Patera.co. Sebuah kedai kopi di Manyar.

Jika biasanya kedai kopi mudah ditemui di pinggir atau barangkali persimpangan jalan, lain halnya dengan Patera.co. Bukan di tengah riuhnya jalanan Surabaya, tapi masuk ke pemukiman perumahan warga yang berjalan kecil.

Di sana ada suasana hening dan tenang. Sedikit lalu lalang orang, sedikit bising kendaraan. Nah, kedai kopi itu berdiri di ujung persimpangan jalan di tengah perumahan.


Bagian outdoor Patera.co-Erni Prasetyo-

Kedai kopi itu punya ruangan indoor dan outdoor. Yangindoor berada di bangunan utama. Tempat di mana racikan kopi dibuat. Sementara ruangan outdoor berada di sisi kanan dan belakang bangunan utama. Yang kini bagian belakang sudah sesak dengan beberapa orang.

Di situ, coba pesanlah kopi. Jika perlu berbincanglah sedikit dengan barista di balik bar. Salah satunya Sandi, kepala Barista Patera.co. “Patera.co bukan sekadar coffeshop tapi ada lifestyle di sini. Kami enggak sekadar jual kopi. Tapi juga memberi ruang untuk komunitas beraktivitas," terangnya.

Memang, dilihat dari suasananya, Patera.co tak hanya memberikan tempat untuk orang-orang mengobrol santai atau melepas penat. Tapi juga memberikan kesempatan untuk siapa pun bisa menggelar acara. Termasuk yang digagas oleh orang-orang sekitar.

Ada sebuah ruangan yang cukup besar. Di tempat itu, Patera.co membantu banyak orang untuk terus bergerak dan berkembang. Tak sedikit komunitas yang sukses menggelar acara. Mulai dari visual art exhibition, talkshow, interactive exhibition, hingga berbagai workshop.


Komunitas-komunitas yang sedang menggarap proyek di Patera.co-Umaimah 'Iffat-dok.pribadi-

"Selain komunitas di Surabaya, enggak sedikit ada anak-anak SMA, kuliah yang datang ke sini untuk mengadakan acara," terangnya.

Sebab kedai kopi ini dikonspekan bukan hanya jadi bisnis semata dan ingin berkembang sendiri. Namun, Patera.co ingin berkembang bersama-sama dengan berbagai komunitas dan manusia-manusia lain. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, yakni bermanfaat untuk orang sekitar.


Interior indoor Patera.co-Erni Prasetyo-

"Jika Anda ingin mengadakan sebuah acara, tapi tidak memiliki cukup ruang, Patera.co bisa menjadi jawabannya. Tempat ini senantiasa layak untuk berbagai komunitas menyalurkan bakat," tegas Sandi.(Umaimah 'Iffat)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: