Eri Cahyadi Ambil Hikmah Pembatalan Piala Dunia U-20: Akses GBT Beres, THOR dan G10N Makin Sip

Eri Cahyadi Ambil Hikmah Pembatalan Piala Dunia U-20: Akses GBT Beres, THOR dan G10N Makin Sip

Jalan penghubung JLLB dan Gelora Bung Tomo sudah rampung, namun Piala Dunia U-20 batal.-Boy Slamet/Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY- Tak pernah terbayangkan: FIFA mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengambil hikmah dari keputusan itu.

”JLLB (Jalan Lingkar Luar Barat) terbangun, GBT, THOR, dan Stadion Tambaksari juga makin bagus,” ujar Eri Cahyadi saat ditemui di balai kota. Eri baru keluar dari ruang kerjanya dan hendak salat Jumat, 31 Mei 2023.

Di lift balai kota, ia menceritakan bahwa ada hikmah di setiap takdir yang terjadi. Misalnya, pembangunan JLLB. Sulit sekali mewujudkan proyek itu. Mahal dan penuh tantangan. Pemkot tak mungkin mampu membangunnya di saat pandemi.

APBD ambruk karena pajak daerah terjun bebas. Bahkan, selama 2020/2021 tak ada proyek besar yang dikerjakan pemkot. Anggaran difokuskan ke penanganan Covid-19.

BACA JUGA:Belum Bisa Pakai Stadion, Persebaya Diizinkan Latihan di Lapangan Madya GBT

BACA JUGA:Update Berita Persebaya: Pelatih-Manajemen Satu Suara, Hidayat Masuk Opsi Dipertahankan

JLLB sangat dibutuhkan untuk akses perekonomian. Ujung utara JLLB terhubung dengan Pelindo Terminal Teluk Lamong (TTL) dan area pergudangan. 

Jalan arteri dengan lebar 55 meter itu juga diperlukan untuk akses suporter ke GBT. Stadion dengan kapasitas 55 ribu penonton tersebut sering dikeluhkan. Hanya ada Jalan Jawar yang menghubungkan stadion itu. Sempit dan sering chaos 


JLLB yang terhubung dengan GBT dibangun oleh Kementerian PUPR.-Boy Slamet/Harian Disway-

Gara-gara Piala Dunia, pemerintah pusat membantu Pemkot Surabaya membangun JLLB. Pemkot yang membebaskan lahan, pusat yang membangunkan jalannya.

Sejak 2020 hingga 2022, dana APBN yang sudah dikucurkan untuk Piala Dunia U-20 mencapai Rp 410,3 miliar. Banyak yang tersedot untuk membantu Surabaya. 

JLLB sudah tersambung dan bisa dilewati. Pemkot sudah membangunkan jalan penghubung dari GBT ke JLLB sejak era Wali Kota Tri Rismaharini. 

BACA JUGA:Buka Sepanjang Ramadan, Kya-Kya Sediakan Takjil dan Makanan Halal

BACA JUGA:Mafia Bola dan Piala Dunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: