Misa Gereja Katedral Surabaya: Hidupkan Spirit Paskah dalam Keluarga

Misa Gereja Katedral Surabaya: Hidupkan Spirit Paskah dalam Keluarga

KHIDMAT: Suasana perayaan Misa Keluarga pada peringatan Paskah di Gereja Katedral Hati Kudus Yesus Surabaya, Minggu (9/4/2023))-Foto : Elvina Talitha Alawiyyah-

SURABAYA, HARIAN DISWAY -  Setelah prosesi panjang menyambut paskah tepat pada 9 April 2023 seluruh umat kristiani di seluruh dunia merayakan hari raya Minggu paskah dengan penuh sukacita. Dalam rangka peringatan hari besar tersebut, Gereja Katedral Surabaya atau Gereja Katolik Hati Kudus Yesus Surabaya yang berlokasi di Jl. Polisi Istimewa No.15, Keputran itu membagi jadwal Misa paskah menjadi beberapa waktu.

Ibadah Misa Paskah dibagi mulai dari pukul 06.00 WIB dengan prosesi perayaan Ekaristi, lalu dilanjutkan pada pukul 08.00 WIB dengan prosesi yang sama. Kemudian pada pukul 10.00 WIB perayaan Ekaristi yang dilakukan khusus untuk keluarga. Lalu dilanjut dengan perayaan Ekaristi lainnya yaitu pada pukul 16.30 WIB dan 18.30 WIB. 

BACA JUGA:Belajar dari Dua Penjahat di Samping Yesus Disalib


Pemberkatan anak-anak yang belum menerima Komuni di Gereja Katedral Surabaya, Minggu (9/4/2023)-Foto : Elvina Talitha Alawiyyah-

Tampak para jemaat menyesuaikan waktu kehadiran dengan tiba lebih awal. Sebelum ritual dimulai, sudah banyak jemaat memenuhi katedral. Pada pukul 10.00 WIB ibadah Misa ke-3 Paskah di Gereja Katedral Surabaya berlangsung khidmat. Pujian-pujian juga dipanjatkan oleh jemaat yang hadir.

Gereja Katedral Hati Kudus Yesus menekankan pada Paskah Keluarga. Banyak menampilkan peran dari keluarga karena sesuai dengan tema Paskah 2023 yaitu Menghidupi sakramen-sakramen Gereja Di Dalam Keluarga.

“Kebetulan kita juga menghidupi kembali kehidupan iman kita pasca pandemi dimana kita dulu sulit menghayati kehidupan beragama kita," ujar Romo RD. Cornelius Triwidya Tjahja Utama.

BACA JUGA:Chaos Israel, Pemerintahan Benjamin Netanyahu Terancam

Tidak hanya itu, selain merayakan hari raya Paskah, Gereja Katedral Surabaya juga melangsungkan baptisan anak serta prosesi pembagian komuni kepada jemaat. Prosesi pembaptisan anak pun berlangsung dengan penuh khidmat serta keheningan ibadah pun tetap terjaga sampai akhir ibadah.

Walaupun banyak anak-anak yang berkeliaran, tetapi fokus para jemaat pun tidak teralihkan. 

Seusai ibadah, para pemuda memberikan sedikit hiburan kepada jemaat yaitu dengan sebuah penampilan band musik. Lagu-lagu penuh sukacita dan kegembiraan mereka lantunkan sehingga para jemaat dapat pulang dengan perasaan yang bahagia.

BACA JUGA:Ajak Mudik Lebaran Lebih Awal, KAI Daop 8 Surabaya Sebar Tiket Diskon Hingga 20 Persen

Tentunya keberhasilan paskah itu tidak lain karena adanya kerja keras dari panitia Paskah yang telah dibentuk. “Kepanitiaan dibagi menjadi beberapa yaitu mulai dari panitia liturgi,sarana dan prasarana, bidang kesehatan, dan keamanan,” Ucap Selvi selaku Humas kepanitian Paskah 2023.

“Walaupun pandemi sudah berakhir kami tetap memperhatikan protokol kesehatan serta dalam keamanan kita dibantu oleh RT, Lurah, Camat, Satpol PP, Koramil (Komando Rayon Militer), rasanya semua anggota masyarakat turut mengamankan termasuk anggota pramuka,” Ucap menambahi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: