Tips Mudik Bersama HONDA 7: Jaga Visibilitas Saat Hujan Deras

Tips Mudik Bersama HONDA 7: Jaga Visibilitas Saat Hujan Deras

Mengatur suhu AC saat hujan deras. Pastikan output udara kurang lebih sama dengan kondisi udara di luar untuk mencegah pengembunan-Foto : Andika Bagus Priambodo/Harian Disway-

HARIAN DISWAY - Mudik tahun ini cuaca sedang tidak menentu. Hujan bisa datang kapanpun. Lagi-lagi mengemudi di jalan tol dalam kondisi hujan deras perlu kehati-hatian ekstra. 

Service Manager Honda Surabaya Center, Eko Yuwono membagikan tips mengemudi dijalan tol dikala hujan deras. Dalam kondisi ini, visibilitas menjadi penting agar mampu melihat kondisi di sekitar mobil. 

Saat hujan yang cukup deras, biasanya visibilitas menurun. Kaca sering berembun. Eko memberi tips pengemudi bisa memposisikan ac di sekitaran angka 24. “Ini untuk memfilter udara. Sehingga udara yg keluar di daerah dashboard bisa menyesuaikan dengan kondisi luar. Jadi pemandangan di kaca depan bisa terakomodir,” jelas Eko.

BACA JUGA:Tips Mudik Bersama HONDA 5 : Perilaku Berkendara di Jalan Tol

BACA JUGA:Tips Mudik Bersama HONDA 6 : Teknik Pengereman dan Aquaplanning


Service Manager Honda Center Surabaya Eko Yuwono membagikan tips untuk kendaraan mudik-Foto : Andika Bagus Priambodo/Harian Disway-

Selain itu, pastikan wiper bekerja dengan baik untuk mengusap air yang jatuh di kaca depan. 

Ia menambahkan, jika dalam posisi hujan, usahakan mobil dalam kecepatan yang tetap bisa dikendalikan. Kemudian, faktor lain yang harus diperhatikan adalah soal pengereman. "Jaga jarak aman. Biasanya karena visibilitas menurun, sering terjadi tabrakan beruntun," imbuhnya.

Oleh karena itu, kuncinya adalah mempertahankan fokus dan mengurangi kecepatan. Karena selama musim hujan, jalan akan menjadi basah. Saat hujan, biasanya cengkraman ban juga akan berkurang. Tehnik pengereman sangat diuji ketika hujan.

BACA JUGA:Centang Biru Twitter Muncul Lagi, Banyak yang Menolak

Eko menambahkan, pengemudi adalah penentu keputusan. Langkah yang diambil harus sesuai dengan prosedur. “Maka dari itu diusahakan pengemudi yang akan membawa kendaraan adalah orang yang tenang. Tidak gegabah. Karena di Jalanan semua hal dapat terjadi,” katanya.(Candraditya)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: