Tips Mudik Bersama HONDA 5 : Perilaku Berkendara di Jalan Tol

Tips Mudik Bersama HONDA 5 : Perilaku Berkendara di Jalan Tol

Servis Manager Honda Center Surabaya Eko Yuwono membagikan tips cara menyetir di jalan tol-Foto : Andika Bagus Priambodo/Harian Disway-

HARIAN DISWAY – Jalan Tol menjadi jalur favorit para pemudik yang akan menuju kampung halaman atau kembali ke kota perantauan. Dalam berkendara di Jalan Tol, Honda membagikan beberapa tips perilaku menyetir yang baik di jalan bebas hambatan tersebut. 

Pegang Kemudi dengan Kuat

Eko Yuwono, Service Manager, Honda Center Surabaya menyampaikan bahwa penting untuk menjaga kestabilan roda kemudi saat melaju di jalan tol. Lebih-lebih dalam kecepatan tinggi. 

“Pertama, kemudi yang dikendalikan oleh para pengendara harus dipegang dengan kuat. Jangan sampai kemudi atau setir yang berperan vital tersebut tidak dipegang secara benar dan malah menyebabkan mobil tidak stabil dalam melakukan perjalanan,” jelasnya.

BACA JUGA:Tips Mudik Bersama HONDA 4 : Agar Tidak Cepat Lelah

BACA JUGA:Memori HP Kebanjiran Foto-Video Selamat Lebaran, Ini Cara Aktifkan Fitur Disappearing Messages WA

BACA JUGA:Centang Biru Twitter Muncul Lagi, Banyak yang Menolak  

Posisi Duduk Tegak

Kedua, pengemudi harus menyesuaikan posisi duduk di kemudi dengan tegak. Hal ini dilakukan agar pengemudi bisa fokus dengan medan perjalanan yang ditempuh. 

Selain itu, posisi duduk yang benar bisa membantu pengemudi untuk melihat sekeliling mobil dengan baik. "Menyesuaikan tempat duduk dengan benar dan punggung pengendara dapat meminimalisir blind spot yang berbahaya jika tidak nampak oleh pengendara", ujarnya. 


Perkerasan sementara di Jalur Fungsional Tol Jogja-Solo. Pemudik arah Klaten tidak perlu melewati simpang Kartasura-Foto : Jasa Marga-

Komunikasi Lampu Sein

Ketiga, lampu sein memiliki peranan sangat penting saat berkendara di tol. Lampu sein menjadi alat komunikasi utama saat pengendara akan masuk, keluar, pindah lajur, ataupun mendahului. Lampu sein juga berfungsi untuk menyatakan keadaan darurat. 

"Menjaga jarak aman antar kendaraan harus dilakukan menggunakan lampu sein dengan baik dan benar saat berkendara di jalan tol," tambah Eko. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: