Tips Mudik Bersama HONDA 4 : Agar Tidak Cepat Lelah

Tips Mudik Bersama HONDA 4 : Agar Tidak Cepat Lelah

Mengatur posisi duduk yang nyaman sangat penting untuk menghindari kelelahan dalam mengemudi-Foto : Andika Bagus Priambodo/Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Banyaknya angka kecelakaan saat mudik Hari Raya Idul Fitri disebabkan karena faktor kelelahan. Agar tidak cepat lelah, posisi dan gaya berkendara bisa diatur sedemikian rupa. 

After Sales & Business Support General Manager, Honda Surabaya Center, William Saputra, membagikan tips berkendara agar pengemudi nyaman dan tidak cepat lelah dalam perjalanan menuju kampung halaman.

Atur posisi duduk 

Pertama dengan mengatur kursi pengemudi. Baik secara ketinggian, maupun jarak dengan setir. Atur senyaman mungkin. "Dapat menggunakan fitur seat recliner dan juga fitur tilt and telescopic pada kemudi mobil," kata William.

BACA JUGA:Tips Mudik Bersama HONDA 3 : Cek Fitur Keselamatan

BACA JUGA:Tips Mudik Bersama HONDA 2 : Setelah Cek Ban, Cek Kondisi Mesin

BACA JUGA:Tips Mudik Bersama HONDA 1 : Persiapan Sebelum Berangkat

Jaga kecepatan konstan

Kedua, setelah posisi duduk yang nyaman, dalam berkendara sebaiknya menjaga kecepatan konstan dan memperhatikan batas maksimum atau minimum. "Jangan melakukan akselerasi atau deselerasi yang berlebihan. Karena jika berlebihan, itu dapat menguras fisik dan bisa memicu emosi saat berkendara," imbuhnya.

Istirahat di sela-sela perjalanan

Ketiga, disarankan bagi pengemudi yang ingin menempuh perjalanan jarak jauh. Dapat beristirahat setelah mengemudi kurang lebih selama 4 jam secara berturut-turut. "Hal ini untuk mengurangi kelelahan dan angka kecelakaan. Carilah rest area terdekat. Jangan dipaksakan. Karena keselamatan itu nomor 1," imbuhnya. 

BACA JUGA:Series Jejak Naga Utara Jawa (76) : Harta Karun Peranakan di Tengah Pasar Lama

BACA JUGA:Series Jejak Naga Utara Jawa (75) : Pelajaran dan Guyonan Lewat TikTok

William juga mengajak para pemudik untuk selalu memastikan bahwa kendaraan yang akan dipakai untuk mudik alangkah baiknya dicek dan diservis terlebih dahulu. Melalui servis rutin di bengkel resmi Honda Surabaya Center, di Jalan Basuki Rahmat No.29, Embong Kaliasin. Pemeriksaan tersebut termasuk seperti pelumas, rem, ban, lampu, dan sebagainya.(Candraditya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: