Wisata ke Tiongkok, Bisa Pilih Kota Kunming yang Makin Hijau dan Rendah Karbon

Wisata ke Tiongkok, Bisa Pilih Kota Kunming yang Makin Hijau dan Rendah Karbon

DANAU DIANCHI yang asri di tengah kota ini menjadikan Kunming semakin ramah lingkungan.-China Daily-

KUNMING, HARIAN DISWAY – Dalam beberapa tahun terakhir ini, Kunming, ibu kota Provinsi Yunnan, menjadi bertambah hijau. Pemerintah kota membangun taman-taman kecil di sudut jalan, kawasan industri, dan ruang di antara kompleks apartemen.

 

Hingga April, pemkot Kunming sudah membangun 100 taman kecil di seluruh penjuru kota. Tujuannya adalah membuat warga makin bahagia.

 

China Daily menulis bahwa pemerintah Kunming akan menanam 11,82 pohon pada tahun ini. Mereka juga akan meluncurkan program yang menggaet para relawan untuk menanam pohon tersebut. Targetnya, sekitar 3,78 juta orang akan berpartisipasi.

 

BACA JUGA : Sudah Move-On dari Pandemi, Tak Wajib Masker di Angkutan Umum Tiongkok 

BACA JUGA : My Exploration in Hangzhou, Kelas Untuk Mahasiswa Asing Memahami Tiongkok

 

Yang ditanam juga bukan pohon sembarangan. Sekitar 45 spesies di antaranya adalah tanaman asli Kunming. Hanya tumbuh di kawasan itu. Misalnya, pinus Yunnan, Yunnan glauca, pinus Huashan, dan Yunnan catalpa. Mereka disebarkan di banyak tempat, mencakup areal seluas 3.500 kilometer persegi yang dibagi menjadi 16 bidang.

 

Salah satu areal yang menjadi fokus adalah Danau Dianchi. Di situ sudah mulai menjadi tempat burung liar untuk mencari makan atau beristirahat. Hingga saat ini, terdapat lebih dari 60 burung dari 175 spesies, termasuk 14 spesies burung liar kelas dua di bawah perlindungan tingkat negara bagian.

 


SUDUT JALANAN diisi dengan rumput dan tanaman hias yang membuat kota Kunming, Provinsi Yunnan, menjadi kian hijau.-China Daily-

 

Data dari platform layanan online Meituan menunjukkan bahwa sekitar 3.111 orang di Kunming sudah membantu kota itu makin hijau. Mereka adalah pengguna persewaan sepeda kayuh dan listrik. Jumlah itu meningkat 17 kali lipat dibanding 2022. Dengan begitu, emisi karbon dioksida turun satu ton. Pada 2022, emisi karbon dioksida di Kunming mencapai 34.525 ton. Dan sejak Maret 2023, pengguna ride sharing itu juga terlihat terus melonjak.

 

Total, pemkot Kunming berinvestasi sebesar 116 juta yuan atau sekitar Rp 248 miliar untuk penghijauan kota. Mereka menggandeng perusahaan teknologi berskala kecil dan menengah. Juga bekerja sama dengan Anning Industrial Park.

 

Kolaborasi itu untuk mewujudkan teknologi mengemudi pintar, pengendalian penghijauan secara otomatis, pemanfaatan energi dan sumber daya, plus membangun jalur hijau baru di berbagai penjuru kota. (Doan Widhiandono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: