Update Badminton Asia Championships (BAC): Cedera Bahu Apri Pulih, 100 Persen Siap Tampil

Update Badminton Asia Championships (BAC): Cedera Bahu Apri Pulih, 100 Persen Siap Tampil

Apriyani Rahayu dan Siti Fadia Silva Ramadhanti siap tampil di Badminton Asia Championships (BAC) 2023 atau Kejuaraan Asia 2023.--

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti akan tampil perdana di Badminton Asia Championships (BAC) 2023 atau Kejuaraan Asia 2023. Pada babak pertama yang berlangsung Rabu, 26 April 2023, Apri/Fadia berjumpa Nuntakarn Aimsaard/Benyapa Aimsaard.

Dalam turnamen yang digelar di Syekh Rashid bin Hamdan Indoor Hall, Dubai, itu, Apri/Fadia berstatus unggulan kelima di Badminton Asia Championships (BAC) 2023.

Dari catatan pertemuan sebelumnya, Apri/Fadia memang lebih unggul atas pasangan Thailand peringkat ke-11 dunia itu. Mereka bertemu di fase grup Kejuaraan Asia Beregu 2023 pada Februari lalu. Pada pertandingan tersebut, Apri/Fadia unggul dalam rubber game 21-18, 16-21, 14-21 selama 51 menit.

”Pada babak pertama kami sudah ketemu Aimsaard bersaudara. Jadi, harus menyiapkan diri sebaik-baiknya. Harus in dari awal, baik secara pikiran, strategi, maupun fokusnya,” ujar Apri seperti dilansir melalui rilis resmi PBSI.

Tetapi, yang menjadi kekhawatiran adalah kondisi Apri jelang Badminton Asia Championships (BAC) 2023. Seperti diketahui, Apri mengalami cedera bahu. Kondisi tersebut membuatnya harus mundur di semifinal Swiss Open 2023. Saat itu kedudukan 17-21, 10-16 melawan Yuki Fukushima/Sayaka Hirota.

BACA JUGA: Hasil Badminton Asia Championships (BAC): Ganda Campuran Indonesia ke 16 Besar

Setelah Apri sebulan menjalani pemulihan, asisten pelatih Prasetyo Restu Basuki menegaskan kondisi Apri sudah fit 100 persen. Memang sebelumnya Apri mengalami beberapa kali cedera yang mengganggu penampilannya selama tur dunia.

”Kami mempersiapkan kejuaraan ini (Badminton Asia Championships 2023) dengan baik. Kami menikmati semua prosesnya dari kemarin persiapan di Jakarta, lalu sampai di sini dan sudah dua kali latihan juga di sini. Semua oke dan kami siap 100 persen,” tegas Apri.

Meski belum meraih gelar pada tahun ini, perkembangan Apri/Fadia cukup signifikan. Kini mereka berhasil menembus ranking ke-4 dunia. Dari empat turnamen terakhir, Apri/Fadia mencapai dua kali perempat final dan dua kali semifinal. Mereka kali terakhir naik podium saat menjuarai Singapore Open pada Juli 2022.

Berdasar hasil undian, Apri/Fadia akan menemui langkah terjal di babak perempat final. Mereka memiliki kesempatan bertemu dengan unggulan kedua Nami Matsuyama/Chiharu Shida. Tetapi, Apri/Fadia tidak ingin berpikir terlalu jauh. ”Kami tidak mau muluk-muluk, kami hanya ingin menampilkan yang terbaik di setiap pertandingan,” ujar Apri.

Tim Indonesia sendiri telah menjalani uji coba lapangan pada Senin, 24 April 2023. Adapun beberapa penyesuaian yang masih perlu dilakukan adalah kendala karpet lapangan yang masih agak licin. Ini juga kali pertama Kejuaraan Asia digelar di kawasan Timur Tengah. ”Tetapi, bukan kami saja yang merasakan. Semua juga sama,” imbuh Fadia.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: