Update Badminton Asia Championships (BAC): Jonatan Christie Mundur Karena Sakit

Update Badminton Asia Championships (BAC): Jonatan Christie Mundur Karena Sakit

Jonatan Christie dalam sesi latihan di Kejuaraan Asia 2023 di Dubai pada 23 April 2023-PBSI-

Jonatan Christie batal tampil di Kejuaraan Asia 2023. Pemain yang akrab disapa Jojo itu memutuskan mundur dari turnamen. Dalam babak pertama pada Rabu (26/4) itu, Jojo dijadwalkan melawan Shi Yu Qi di Sheikh Rashid Bin Hamdan Indoor Hall, Dubai.

 

Dari keterangan resmi pelatih Irwansyah melalui Humas dan Media PP PBSI, Jojo masih sempat mengikuti sesi latihan pada Selasa (25/4) di practice court. Kondisi Jojo juga baik saat sesi latihan tersebut. Tetapi kondisinya tiba-tiba berubah saat sore hari.

 

“Sore harinya Jonatan tiba-tiba muntah-muntah di kamarnya. Lalu kami konsultasi dengan dokter PBSI dan akhirnya dibawa ke rumah sakit,” kata Irwansyah. “Di rumah sakit, Jojo diambil darah dan diinfus. Hasil pemeriksaan darah terdapat infeksi di dalam darahnya.”

 

Kondisi Jojo terus dipantau hingga menjelang pertandingan. Pada keesokan harinya, kondisi Jojo sudah mulai membaik. Tetapi PBSI tidak lantas memberikan lampu hijau Jojo untuk bertanding.

 

Akhirnya keputusan terberat pun terbaik diambil. Jojo batal tampil di Dubai. “Pagi ini kondisinya sudah membaik tapi masih lemas. Jadi, kami putuskan untuk mundur,” lanjut Irwansyah.

 

Jika tidak mundur dari turnamen, Jojo memiliki kesempatan yang bagus di Kejuaraan Asia 2023 ini. Dari rekor pertemuan lebih memihak Jojo. Dalam 10 pertemuan yang mereka lalui, Jojo menang enam kali.

 

Pertemuan terakhir terjadi di Indonesia Masters 2023 di Istora Senayan lalu. Saat itu Jojo berhasil mengalahkan Shi Yu Qi dalam rubber game 21-13, 15-21, da 21-19. 

 

Selain itu, kemenangan ikonik Jojo atas Shi Yu Qi lainnya terjadi di final babak ketiga Asian Games 2018 lalu. Saat itu Shi Yu Qi berstatus sebagai unggulan pertama. Jojo mengalahkan Shi Yu Qi 21-19, 19-21, 21-17. Jojo terus melaju hingga final dan menjadi juara.

 

Dengan mundurnya Jojo di Kejuaraan Asia 2023 itu, kini tunggal putra tersisa Chico Aura Dwi Wardoyo dan Anthony Sinisuka Ginting. Pada babak pertama Chico melawan Dmitriy Panarin. Sedangkan Ginting meladeni Wang Tzu Wei.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: