Kopasgat Kawal WNI Pulang, 110 Orang Lagi Diselamatkan dari Konflik Sudan

Kopasgat Kawal WNI Pulang, 110 Orang Lagi Diselamatkan dari Konflik Sudan

ANGGOTA KOPASGAT menuntun seorang WNI menaiki tangga pesawat di Port Sudan, Sudan, yang akan membawa mereka menuju Jeddah, Arab Saudi, Rabu, 26 April 2023.-TNI VIA AP-

PORT SUDAN, HARIAN DISWAY – Secara bergiliran, warga negara Indonesia (WNI) yang sedang berada di Sudan akhirnya dipulangkan kembali ke tanah air. Rabu, 26 April 2023, ada 110 orang yang dievakuasi. Kantor berita Agence France-Presse melaporkan bahwa mereka dibawa dari ibu kota Khartoum menuju Port Sudan, kota di dekat laut merah. Lewat jalan darat.

Setelah tiba di Port Sudan, para WNI itu langsung dibawa ke Jeddah, Arab Saudi, dengan pesawat Boeing 737 milik TNI-AU. Inilah pemberhentian pertama sebelum mereka pulang kembali ke Indonesia.

BACA JUGA:Pemerintah Mulai Evakuasi WNI Dari Sudan

BACA JUGA:Menlu: Indonesia Desak DK PBB Atasi Perang Saudara di Sudan

Penyelamatan WNI itu adalah kali kedua. Sejak konflik di Sudan meletus pada 15 April 2023, total sudah ada 667 WNI yang dipulangkan. Konflik tersebut adalah buntut perpecahan yang terjadi dalam faksi-faksi militer di negara itu.

Perang sengit, terutama di perkotaan, berkecamuk. Situasi tak aman. Sehingga Indonesia pun mengerahkan pasukan khusus untuk menyelamatkan warganya. Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) dikirim ke negara yang terletak di Afrika timur laut tersebut. Yang memimpin misi penyelamatan itu adalah Kolonel Pnb Noto Casnoto.


KERUMUNAN WNI yang bersiap naik pesawat Boeing 737 milik TNI-AU ketika mereka akan diselamatkan dari peperangan di Sudan, Rabu, 26 April 2023.-TNI VIA AP-

Banyak juga negara yang sudah menarik pulang warganya. Misalnya, Tiongkok yang memulangkan 1.500 warga. Juga Pakistan yang menyelamatkan 700 orang dari 1.500 warganya. Sedangkan Jepang mengevakuasi 45 orang, termasuk diplomat, menggunakan pesawat militer lewat Djibouti. Demikian pula Korsel yang menyelamatkan 28 warganya sampai ke Jeddah. (Doan Widhiandono)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: