KONI Jatim Gelar Tes Fisik Sebelum Berangkatkan Atlet ke Kejurnas

KONI Jatim Gelar Tes Fisik Sebelum Berangkatkan Atlet ke Kejurnas

KONI Jatim sudah menggelar tes fisik tahap pertama pada Januari 2023 lalu.-Fariz/KONI Jatim-

SURABAYA, HARIAN DISWAY -Libur Lebaran sudah selesai. Sekarang para atlet penghuni Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) harus bersiap memanaskan mesinnya kembali. Apalagi rangkaian agenda Kejuaraan Nasional (Kejurnas) maupun kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) telah menanti.

Rencananya KONI Jawa Timur (Jatim) akan menggelar tes fisik mulai Selasa, 2 Mei 2023 nanti. Tujuannya untuk memantau kondisi atlet selepas menjalani ibadah puasa dan libur Lebaran. Selain itu, tes fisik ini juga melihat kesiapan atlet Puslatda menuju Kejurnas maupun pra-PON.

Tes fisik atlet Puslatda Jatim ini akan dilakukan oleh tim Badan Sport Science (BSS). Alfian Dwi Prastyo sebagai koordinator Tim Fisik Puslatda KONI Jatim menjelaskan, tes fisik yang melibatkan seluruh cabang olahraga itu akan berlangsung selama delapan hari berturut-turut.

Jadi, materi tes fisik yang didapatkan oleh masing-masing cabang olahraga akan berbeda. Sebab masing-masing memiliki fokus dan kebutuhannya sendiri-sendiri. "Materi tesnya disesuaikan dengan cabor dan disiplin masing-masing. Jadi, ada perbedaan terkait item dan target fisiknya," ungkap Alfian.

Sementara Kabid Binpres KONI Jatim Dudi Harjantoro mengatakan bahwa ini adalah tes fisik kedua. Tes pertama dilaksanakan pada Januari lalu. Menurut Dudi, tes fisik ini untuk melihat seberapa jauh perkembangan fisik atlet setelah menjalani Puslatda sejak Oktober tahun lalu.

"Karena anggarannya terbatas, kami tak mau berspekulasi. Semua akan dan harus terukur. Jadi tidak ada kata trial and error di Kejurnas maupun pra-PON," tegas Dudi.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: