Musisi Gordon Lightfoot Meninggal Dunia

Musisi Gordon Lightfoot Meninggal Dunia

Musisi legendaris Kanada, Gordon Lightfoot berpulang dalam usia 84 tahun. PM Justin Trudeau ungkap duka cita mendalam. -MARK HORTON/GETTY IMAGES-ew.com

HARIAN DISWAY - Gordon Lightfoot, legenda Kanada yang sering dianggap sebagai salah satu penulis lagu kawakan, berpulang di usia 84 tahun.

Keluarga Lightfoot mengumumkan kematiannya, Senin, 1 Mei 2023 melalui Facebook.  Lightfoot meninggal pada pukul 19.30 waktu setempat, di Rumah Sakit Sunnybrook, Toronto.

"Ia meninggal karena usia," tulis unggahan itu. "Mendiang Lightfoot meninggalkan istrinya, Kim Hasse, enam anak: Fred, Ingrid, Eric, Galen, Miles dan Meredith, serta beberapa cucu," tulis pengumuman tersebut.

Ia lahir di Ontario pada tahun 1938, Lightfoot memulai kariernya pada dekade '60-an, lantas merilis album pada tahun 1966. Itulah album pertamanya dengan United Artists. Sepanjang hidup, Lightfoot merilis total 20 album studio, dengan album solo tahun 2020, menandai LP terakhirnya sebelum berpulang.

Menurut Associated Press, ia merekam lebih dari 500 lagu dan tampil di lebih dari 1.500 konser selama hidupnya. Ia sempat membatalkan konser tur 2023 karena kesehatannya yang menurun.

Di tengah serangkaian hit No. 1 di Kanada, kesuksesan terbesar Lightfoot di Amerika Serikat terjadi pada tahun 1974, ketika hitnya Sundown meraih penjualan lebih dari satu juta eksemplar.

Lightfoot menerima empat nominasi Grammy untuk karyanya, termasuk satu untuk albumnya tahun 1968: Did She Mention My Name? dan satu album lagi yang rilis tahun 1970, If You Could Read My Mind.

Dua nominasi Grammy lainnya, termasuk satu untuk Song of the Year, diraih pada 1976 dengan singlenya, The Wreck of the Edmund Fitzgerald, yang menjadi salah satu rilisan paling ikoniknya di Kanada. Single itu dibuat untuk memperingati tenggelamnya kapal tituler pada 1975.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengungkap kesedihannya. "Kami telah kehilangan salah satu penyanyi dan penulis lagu terbesar. Gordon Lightfoot menangkap semangat negara kami dalam musiknya," katanya. 

Justin berharap agar karya-karya Lightfoot terus menginspirasi generasi masa depan, "Semoga warisannya hidup selamanya. Kepada keluarga, teman, dan banyak penggemarnya di seluruh negeri dan di seluruh dunia. saya selalu mengingat Anda di saat yang sulit ini," ujarnya. (Guruh Dimas Nugraha) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ew.com