PM Kanada Justin Trudeau Tiba di Jakarta Untuk Hadiri Rangkaian KTT-43 ASEAN

PM Kanada Justin Trudeau Tiba di Jakarta Untuk Hadiri Rangkaian KTT-43 ASEAN

Kedatangan PM Justin Trudeau bersama putranya, Xavier Trudeau-Asean 2023-

HARIAN DISWAY - Perdana menteri Kanada Justin Trudeau tiba di Jakarta, 5 September 2023. Ia datang ke Jakarta setelah diberi undangan oleh ASEAN untuk menghadiri dan mengikuti rangkaian KTT ASEAN ke-43.

Trudeau tiba di bandara internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, dengan menggunakan pesawat Airbus A310 milik pemerintah Kanada. Ia juga didampingi oleh putranya, Xavier Truedeau.

Setibanya di Indonesia, Trudeau langsung disambut oleh Penjabat Gubernur Banten, Al Muktabar. Ia juga langsung dikalungi selendang tradisional.

Trudeau akan menghabiskan dua hari di Jakarta. Ia dijadwalkan bertemu dengan Presiden Jokowi malam ini. Besok, ia menyampaikan pidato di depan para pemimpin delegasi negara Asia Tenggara.

BACA JUGA: Misi Penting Tuan Rumah KTT ASEAN

PM Trudeau hadir di KTT ASEAN guna memperkuat dukungan untuk ASEAN dan ASEAN Outlook on Indo-Pacific (AOIP).

Duta Besar Kanada untuk ASEAN, Vicky Singmin mengatakan bahwa sebelumnya pemerintah Kanada telah merilis Indo-Pacific Strategy (IPS) pada November 2022 di Kamboja.

Singmin menambahkan bahwa melalui strategi tersebut, Kanada ingin memperluas dan memperdalam kehadirannya dan kemitraan di Indo-Pasifik.

Ada lima strategi yang menjadi fokus utama IPS Kanada. Yang pertama, mempromosikan perdamaian, ketahanan, dan keamanan.

Menurut Singmin, stabilitas kawasan Indo-Pasifik merupakan hal penting untuk tatanan aturan global. Melalui strategi tersebut, Kanada ingin meningkatkan kerja sama militer, siber, dan kapabilitas keamanan lainnya.

Strategi kedua adalah memperluas perdagangan, investasi, dan ketahanan rantai suplai. Ketiga, investasi dan hubungan masyarakat. Keempat, membangun masa depan hijau dan berkelanjutan. Kelima, Kanada akan menjadi mitra aktif, terlibat dan berkontribusi, serta dapat diandalkan di kawasan Indo-Pasifik.

“Kami akan meningkatkan kapasitas diplomasi kami di kawasan dan menunjuk utusan khusus untuk memajukan pemikiran Kanada lebih efektif dan memperkuat dialog di kawasan Indo-Pasifik,” tambahnya.

Singmin juga mengatakan bahwa Langkah strategi tersebut sejalan dengan AOIP dari ASEAN yang memang berada di jantung kawasan Indo-Pasifik. Karena itu, kemitraan dengan ASEAN sangat penting bagi Kanada.

“Kanada ingin terus bekerja sama dengan para mitra kami dari ASEAN dan mendiskusikan kerja sama yang saling menguntungkan, stabil, berkelanjutan , dan makmur di kawasan Indo-Pasifik.” Pungkas Singmin. (Nathan Gunawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: