Emas Keempat Indonesia di SEA Games 2023 Dipersembahkan Cyclist Sayu Bella Sukma Dewi

Emas Keempat Indonesia di SEA Games 2023 Dipersembahkan Cyclist Sayu Bella Sukma Dewi

SAYU BELLA SUKMA DEWI ketika berlatih di Yogyakarta tahun lalu. Dia merebut emas SEA Games 2023.-Instagram Sayu Bella-

HARIAN DISWAY – Indonesia meraih emas keempat pada Sabtu siang, 6 Mei 2023. Tepatnya dari pembalap sepeda Sayu Bella Sukma Dewi. Dia menjadi juara nomor Cross Country Olympic (XCO) yang digelar di Kulen Mountains, Siem Reap, Kamboja. Sayu Bella mencatat waktu 1 jam, 13,48 menit.

Start dari garis depan, Sayu Bella sukses menjaga keunggulan dari para lawan. Gadis 19 tahun itu diincar para lawan, antara lain, cyclist Malaysia Nur Assyra Zainal Abidin dan Yonthanan Phonkla dari Thailand. Nur Assyra akhirnya meraih perak setelah mencatatkan waktu 1 jam 17,09 menit. Sedangkan perunggu direbut Phonkla setelah finis dalam waktu 1 jam 18,42 menit.

Sebenarnya, saat memulai lomba, Sayu Bella ’’dikawal’’ oleh wakil Indonesia yang lain, Dela Anjar Wulan. Dia start dari posisi kedua. Namun, teriknya kawasan Angkor Wat, Siem Reap, Kamboja, membuat para atlet kesulitan menjaga pace. Dela disalip oleh Nur Assyra dan Phonkla. Dan akhirnya hanya bisa finis di posisi keenam.

Untungnya, Sayu Bella sukses mempertahankan posisi dengan rata-rata kecepatan 15,04 km/jam. Keberhasilan Sayu Bella sekaligus mengakhiri paceklik emas Indonesia pada nomor XCO putri. Nomor ini kali terakhir mempersembahkan emas pada SEA Games XXVII/2013 di Myanmar. Yakni lewat Kusmawati Yazid.

Buat Indonsia, Sayu Bella merupakan penyumbang emas keempat. Emas pertama datang dari Rashif Amila Yaqin yang turun pada aquatlon putra. Sedangkan emas kedua dan ketiga disumbangkan oleh pasangan pelari maraton, Agus Prayogo dan Odekta Naibaho. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: