Kesan Puti Guntur Soekarno Melihat Rumah Kelahiran Sang Kakek, Bakal Sumbang Koleksi Keluarga

Kesan Puti Guntur Soekarno Melihat Rumah Kelahiran Sang Kakek, Bakal Sumbang Koleksi Keluarga

Puti Guntur Soekarno (tengah) ditemani legislator PDIP Khusnul Khatimah dan Agatha Retnosari.-Instagram @puti_soekarno-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Puti Pramathana Puspa Seruni Paundrianagari Guntur Soekarno Putri datang ke rumah kelahiran sang kakek: Soekarno, pasca direnovasi oleh Pemkot Surabaya. Dia termasuk yang datang paling awal di Jalan Pandean IV, nomor 40, Sabtu, 6 Mei 2023.

 

Puti menunggu kehadiran bakal calon presiden RI yang diusung Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan: Ganjar Pranowo. Di tempat itu, ia juga ditemani dua legislator perempuan PDIP: Khusnul Khatimah dan Agatha Retnosari.

 

Sebelum mantan Gubernur Jawa Tengah itu datang, dia sempat berkeliling melihat rumah tersebut. Termasuk melihat-lihat interior di dalamnya.

 

BACA JUGA:Ratusan Alumni Unair Bentuk JaKA, Dukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

BACA JUGA:PDIP Klarifikasi Video Kader Banteng Dukung Anies Baswedan

 

"Saya senang pemerintah kota sudah merenovasi rumah kelahiran Bung Karno. Serta dijadikan museum. Ini sangat berguna untuk pengetahuan sejarah. Terutama untuk generasi muda di Indonesia," kata Puti, saat ditemui Harian Disway.

 

Dia juga melihat kamar, tempat Soekarno dilahirkan. Pemkot Surabaya sudah merevitalisasinya senatural mungkin. Sesuai dengan cerita Soekarno di buku: "Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia".

 

Soekarno lahir di lantai tanah. Dengan tempat tidur yang terbuat dari bambu. Dindingnya pun dari anyaman bambu.

 


Ganjar Pranowo tiba di rumah kelahiran Bung Karno di Pandean Surabaya, disambut oleh Puti Guntur Soekarno.-Instagram @puti_soekarno-

 

"Saya tadi mengusulkan itu ke petugas pemkot Surabaya yang berjaga di sini. Saya juga sudah sampaikan ke wali kota surabaya Eri Cahyadi. Saya ingin orang yang datang tahu, bahwa pemimpin besar mereka, lahir dari rakyat. Lahir dari kondisi yang sangat memprihatinkan," ucapnyi.

 

Karena menurutnyi, kondisi sekarang terlihat sangat enak. Kamar tempat kelahiran sang proklamator itu, lantainya sudah terpasang keramik yang indah. Sudah tidak menggambarkan kondisi yang terjadi saat itu. Sangat menggambarkan kemewahan.

 

"Saya yakin dulu sangat jarang rumah seperti saat ini. Mayoritas, terbuat dari kayu dan bambu. Dulu juga, ketika bung Karno sakit, sesuai ritual adat Jawa ketika itu, bapaknya: Soekemi Sosrodihardjo akan tidur di bawah kasur,” ucap anggota DPR RI itu

.


Puti Guntur Soekarno Putri saat melihat foto Soekarno yang dipajang di museum rumah kelahirang bung Karno, Sabtu, 6 Mei 2023.-Michael Fredy Yacob-

 

Namun, secara keseluruhan, keponakan Megawati Soekarno Putri itu melihat interior rumah itu sangat atraktif. Sangat menarik generasi muda untuk datang dan belajar di rumah yang kini menjadi museum itu. Dia ingin koleksi di rumah bersejarah itu ditambah.

 

"Nanti, saya akan diskusi dengan keluarga. Kira-kira, koleksi apa dari peninggalan bung Karno yang bisa ikut dipajang di sini (museum rumah kelahiran bung Karno). Jadi, akan melengkapi koleksi di rumah ini,” tambahnyi. (Michael Fredy Yacob)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: