Waspada Penyakit yang Sering Menyerang saat Musim Pancaroba

Waspada Penyakit yang Sering Menyerang saat Musim Pancaroba

Ilustrasi Penyakit Saat Musim Pancaroba-benzoix-freepik.com

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Saat musim pancaroba tiba, pergantian musim menyebabkan tubuh manusia mudah untuk terserang penyakit. Berikut beberapa penyakit yang sering menyerang manusia pada saat musim pancaroba:

1. Flu

Perubahan suhu dan kelembaban yang sering terjadi selama musim pancaroba membuat sistem kekebalan tubuh menjadi rentan terhadap virus infuenza dan pilek. Gejala flu antara lain: demam, baruk, pilek, sakit kepala, dan sakit tenggorokan.

2. Demam Berdarah

Musim pancaroba juga merupakan musim hujan, sehingga meningkatkan resiko penyebaran nyamuk Aedes Aegypti yang menyebabkan demam berdarah. Gejala penyakit demam berdarah: demam tinggi disertai sakit kepala,nyeri otot dan sendi, mual, muntah, dan perdarahan.

3. Infeksi Saluran Pernapasan

Suhu yang fluktuatif pada musim pancaroba juga bisa memicu infeksi saluran pernapasan, seperti bronkitis dan pneumonia. Gejala yang dirasakan adalah, batuk, pilek, sakit tenggorokan, hingga sesak napas.

4. Diare

Musim pancaroba juga menjadi musim transisi dari kemarau ke musim hujan, sehingga banyak orang yang mengalami masalah pencernaan seperti diare karena perubahan pola makan dan kebiasaan hidup. Gejala diare adalah tinja berbentuk encer atau cair, sering mual dan muntah, serta kram di bagian perut.

5. Kulir Kering 

Kelembaban udara yang berkurang pada musim pancaroba dapat membuat kulit menjadi kering dan mudah teriritasi, sehingga menyebabkan eksim. Gejala kulit kering antara lain iritasi seperti gatal-gatal dan kemerahan bertekstur kering.

Untuk menghindari terkena berbagai penyakit tersebut, selain mengikuti tip kesehatan, juga penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan di sekitar kita. Hindari makanan yang tidak bersih atau tidak terjamin kebersihannya, jangan lupa untuk minum air yang cukup.

Namun, jika Anda sudah merasakan gejala-gejala tersebut, lebih baik berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis terdekat dan segera beristirahat dirumah. Perbanyak konsumsi makanan sehat dan bergizi agar tubuh tetap sehat dan bugar. (Awanda Kautsar Ramadhan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.alodokter.com/musim-pancaroba-membawa-risiko-infeksi-virus